Kota Kupang Sabet APE 2018 – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Kota Kupang Sabet APE 2018

KADO UNTUK NTT. Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore saat menerima piala dari Menteri PPPA Yohana Yembise di Istana Wakil Presiden, Rabu (19/12).

IST

Satu-satunya dari NTT
Berhasil Laksanakan Pembangunan PPPA dengan Strategi PUG

JAKARTA, TIMEX – Karena telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG), Kota Kupang meraih penghargaan berupa Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018.

Penghargaan APE 2018 ini diserahkan langsung Menteri PPPA Yohana Yembise dan diterima Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore disaksikan Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla bertempat di Istana Wakil Presiden, Rabu (19/12).

Penghargaan APE 2018 yang diraih Kota Kupang kemarin adalah kategori madya dan Kota Kupang merupakan satu-satunya kota/kabupaten dari NTT yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut.

Sejak tahun 2004, pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) telah melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPPA) melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG). Hal ini dilanjutkan dengan pemberian penghargaan APE yang terdiri dalam empat kategori, yakni kategori pratama diberikan untuk dua provinsi, dan 44 kabapaten/kota; kategori madya diberikan untuk satu kementerian, delapan provinsi dan 75 kabupaten/kota; kategori utama diberikan untuk satu kementerian, delapan provinsi dan 36 Kabupaten/Kota serta kategori tertinggi mentor diberikan untuk enam kementerian/lembaga, empat provinsi dan empat kabupaten/kota.

Menteri PPPA Yohana Yembise mengatakan pemberian penghargaan APE 2018 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-90 tahun 2018. Selain penghargaan APE, Kementerian PPPA juga memberikan penghargaan khusus kepada Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani yang telah berperan aktif dalam menggerakkan strategi pengarusutamaan gender dalam pembangunan bangsa ini.

Melalui pemberian penghagaan APE ini diharapkan semakin memotivasi kementerian/lembaga dan Pemda dalam melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan proses pelaksanaan pembangunan dan menjamin hasil pembangunan yang adil bagi semua,” kata Yohana.

Untuk diketahui, Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise secara simbolis memberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 untuk sembilan kementerian/lembaga, 22 pemerintah provinsi dan 159 pemerintah daerah kabupaten/kota di Istana Wakil Presiden, Jakarta. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas komitmen dan peran kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi PUG. Dan Kota Kupang merupakan salah satu dari 159 kabupaten/kota yang meraih penghargaan APE 2018 dan merupakan satu-satunya dari 22 kabupaten/kota yang dinilai berhasil PPPA melalui strategi PUG.

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore yang menerima langsung penghargaan tersebut mengatakan penghargaan ini dipersembahkan khusus sebagai kado ulang tahun ke-60 Provinsi NTT 20 Desember 2018 dan Hari Ibu pada 22 Desember 2018 mendatang. Diakuinya, prestasi ini tidak dapat diraih tanpa dukungan semua pihak, terutama warga Kota Kupang. “Semoga prestasi ini bisa jadi motivasi bagi kita semua, bukan hanya pemerintah tapi juga seluruh warga Kota Kupang untuk lebih peduli pada kesetaraan gender serta perlindungan anak dan perempuan,” tambahnya.

Wali kota menyadari masih banyak tantangan yang akan dihadapi ke depan. Karena itu dia berharap di masa mendatang kerja sama dan dukungan dari semua elemen semakin kuat.

Drg. Francisca J. Ikasasi Izaac selaku Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kupang yang turut hadir pada acara penganugerahan tersebut menjelaskan terdapat tiga kategori dalam APE.

Yang tertinggi kategori Utama, disusul Madya dan Pratama. Penilaiannya dilakukan berdasarkan indikator penerapan strategi Pengarusutamaan Gender, pencapaian dan inovasi dalam perwujudan kesetaraan gender, Pemberdayaan perempuan, Perlindungan anak, serta upaya untuk memenuhi hak anak. Penilaian dilakukan oleh tim independent yang dibentuk oleh kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Puji Syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa di tahun 2018 ini Penghargaan APE dapat kembali diraih oleh Kota Kupang. Kota Kupang meraih penghargaan ini pertama kalinya pada tahun 2016 lalu dengan kategori madya.

Mekaniseme dan proses penilaian dilakukan melalui tahapan-tahapan mulai dari input data online yang berkaitan dengan implementasi pengarusutamaan gender (PUG), Pemberdayaan Perempuan (PP) dan perlindungan anak (PA) yang ada di berbagai sektor pembangunan, Selanjutnya dilakukan verifikasi faktual oleh tim penilai independen dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang datang ke Kota Kupang pada bulan Oktober lalu. Dan pada tahun 2018 ini, Kota Kupang kembali terpilih untuk menerima penghargaan tersebut.

Acara penganugerahan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dihadiri langsung oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise. Turut mendampingi Walikota pada acara tersebut, Plt. Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kupang, Yos Rera Beka dan Kepala Bappeda Kota Kupang Jhon Pelt. (gat/fin/mg25/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!