Lima Pejabat Lolos Mutasi – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Lima Pejabat Lolos Mutasi

Gerbong Mutasi Pemkot
Pelantikan Direncanakan Jumat

KUPANG, TIMEX – Pelantikan pejabat eselon II, III dan IV lingkup Pemerintah Kota Kupang direncanakan digelar Jumat (21/12) besok. Namun, Wakil Wali Kota Herman Man menyebutkan lima nama tidak akan dimutasi.

Kelima pejabat yang tidak dirotasi dalam mutasi pejabat eselon II adalah Kepala Dinas Pendidikan Filmon Lulupoi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Orson Nawa, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gosha Yohanes, Kepala Dinas Perizinan Satu Atap Thomas Balukh dan Asisten II Setda Kota Kupang Thomas Jansen Gah.

Hermanus mengatakan untuk Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kelautan Perikanan belum bisa dirotasi karena keduanya belum genap dua tahun menjabat. Kedua kadis ini juga tidak mengikuti uji kompetensi yang digelar beberapa waktu lalu di Hotel Naka. “Eselon II ada 29, tetapi yang tidak ikut uji kompetensi eselon II beberapa waktu lalu ada dua orang yaitu Orson Nawa dan Filmon Lulupoy,” ujarnya.

Menurutnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan tidak bisa dirotasi karena sesuai Undang-Undang Nomor 5 tentang Aparatur Sipil Negara,  melarang kepala daerah memberhentikan atau memindahkan seorang pejabat yang menduduki jabatannya belum genap dua tahun. Atas dasar itu pemerintah tidak akan merotasi kedua pejabat tersebut.

Sementara untuk Kepala Dinas Nakertrans, Kepala Dinas Perizinan dan Asisten II,  lanjut Herman, tidak dirotasi karena mereka akan pensiun pada tahun 2019 mendatang. “Kami mau agar pejabat ini bisa pensiun dengan jabatan yang sementara didudukinya. Jangan merusaknya dengan mutasi,” katanya.

Herman menambahkan draf mutasi eselon II sudah rampung. Selanjutnya akan diserahkan ke Wali Kota untuk dilihat lagi apakah sudah sesuai atau tidak. Untuk jumlah pasti pejabat yang dimutasi belum diketahui.

ia juga menyinggung soal jabatan Kadispenduk. Menurutnya masih harus menunggu persetujuan Kemendagri.

Menurut Herman, rolling ini bukan didasarkan pada lama tidaknya seseorang menduduki suatu jabatan. Prinsipnya jabatan adalah sebuah kepercayaan. Jadi jika dipercayakan, maka tentu orang yang berkompeten dan dianggap mampu.

Terkait waktu mutasi, Herman mengaku masih berkoordinasi dengan wali kota, sehingga bisa secepatnya dilakukan. “Kalau bisa di Jumat (21/12) mendatang agar orang bisa merayakan Natal dengan baik juga,” ujar Herman.

Sementara itu, Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Kupang, Livingston Ratu Kadja berharap mutasi yang dilakukan ini sesuai dengan kompetensi. Pejabat yang ditempatkan di OPD harus mampu menjalankan program kepala dan wakil kepala daerah. Dengan demikian, anggaran dan program dapat dilaksanakan dengan baik.

Ia juga meminta kepala dan wakil kepala daerah agar tidak bertendensi apapun dalam penempatan pejabat. “Saya berharap ini profesional sehingga pejabat yang ditempatkan pun sesuai dengan kemampuannya,” katanya. (mg25/sam)

 

Eselon II yang Tidak Dimutasi

1. Kepala Dinas Pendidikan: Filmon Lulupoy
2. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan: Orson Nawa
3. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi: Gosha Yohanes
4. Kepala Dinas Perizinan Satu Atap: Thomas Balukh
5. Asisten II: Thomas Jansen Gah



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!