Akhirnya Ditunda ke 2019 – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Akhirnya Ditunda ke 2019

Gerbong Mutasi Pemkot

Alasan Masa Pencairan Anggaran

KUPANG, TIMEX – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang akhirnya menunda pelantikan pejabat eselon II, III dan IV. Mutasi baru akan dilaksanakan awal Januari 2019.
Hal ini disampaikan secara resmi oleh Wakil Wali Kota Hermanus Man, Kamis (20/12).

“Kami sudah sepakat menunda mutasi sampai Januari 2019 mendatang, karena masih ada beberapa hal yang harus diurus,” kata Hermanus Man.

Ia menjelaskan, ada beberapa alasan yakni pertama karena saat ini sedang masa pencairan anggaran 2019. Selain itu, draf mutasi yang dibuat wakil wali kota masih harus dikaji oleh Wali Kota Kupang agar dapat sesuai dengan aturan yang berlaku. “Kami tetap lakukan mutasi sesuai dengan jalurnya. Tidak bertentangan dengan hukum,” terangnya.

Herman mengaku, mutasi ditunda agar semua pejabat bisa merayakan natal dan tahun baru dengan tenang. Menurut dia, mutasi bukanlah hal yang perlu ditakutkan, karena semuanya dilakukan sesuai aturan. Tujuan utama mutasi adalah untuk penataan birokrasi. Pejabat yang ditempatkan harus sesuai dengan kompetensinya. “Semuanya disusun tidak jauh dari hasil uji Kompetensi yang dilakukan beberapa waktu lalu di Naka Hotel,” kata Herman.

Lebih lanjut dikatakan memasuki tahun baru, akan dilakukan mutasi. Dengan demikian tahun anggaran baru dengan birokrasi yang baru. Menurutnya, tidak berarti pejabat yang sekarang tidak baik, tetapi perlu ada penataan, sehingga ada suasana baru. Dengan demikian semakin termotivasi dalam bekerja.
“Menempati jabatan dalam waktu puluhan tahun, dia akan jenuh, sehingga perlu suasana baru agar dia bisa bangkit,” ungkapnya.

Menurutnya, setelah mutasi tahap II, Herman mengaku akan segera dilakukan proses lelang jabatan atau promosi jabatan bagi eselon III untuk naik ke eselon II. Dengan demikian semua jabatan yang lowong segera terisi. “Semua proses akan kami lakukan secepatnya agar birokrasi bisa berjalan baik,” ungkapnya.

Terpisah, Anggota Komisi I DPRD Kota Kupang Adrianus Talli mengatakan mutasi adalah hal yang biasa. Sangat diapresiasi bahwa pemerintah sudah melakukan mutasi untuk lurah dan kepala SMP. Sesuai undang-undang mutasi sudah diperbolehkan sejak Februari lalu, sehingga DPRD selalu mendorong untuk segera lakukan mutasi dengan tujuan penataan birokrasi. “Khusus untuk mutasi tahap II, yang pada khususnya untuk eselon II, saya sarankan agar dilihat lagi jadwal pelaksanaannya,” ujarnya.

Menurut Adi, khusus eselon II kalau bisa dilakukan di awal tahun. Karena jika dilakukan sekarang yang sedang pencairan anggaran akan berpengaruh. Kedua, kata Adi, mutasi dilakukan untuk seluruh jabatan eselon II. Tidak sekadar melakukan rolling untuk jabatan eselon II yang ada. “Kalau dilakukan maka masih tetap meninggalkan persoalan karena masih ada 7 eselon II yang lowong,” ujarnya.

Lebih baik, tambah Adi, dilakukan dahulu lelang jabatan kepada eselon III yang memenuhi syarat agar mutasi dilakukan secara menyeluruh. “Kalau bisa lakukan pendataan secara baik sehingga mutasi tidak meninggalkan persoalan,” kata politikus PDIP ini. (mg25/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!