PLN ULP Sumba Jaya Pastikan Tidak Ada Pemadaman – Timor Express

Timor Express

SUROSA

PLN ULP Sumba Jaya Pastikan Tidak Ada Pemadaman

BERI KETERANGAN. Manager PT PLN (Persero) ULP Sumba Jaya, Zery saat memberikan keterangan terkait pemadaman listrik menjelang Natal dan Tahun Baru, Kamis (20/12).

EDY BEREN/TIMEX

Saat Natal dan Tahun Baru

TAMBOLAKA, TIMEX – PT PLN (Persero) ULP Sumba Jaya yang melayani Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), memastikan bahwa tidak akan ada pemadaman listrik pada hari raya Natal dan Tahun Baru. PT PLN telah melakukan berbagai tindakan antisipatif untuk menghindari kemungkinan terjadinya pemadaman pada hari raya Natal dan Tahun Baru.

Manager PT PLN (Persero) ULP Sumba Jaya, Zery ketika ditemui Timor Express di ruang kerjanya, Kamis (20/12) menjelaskan, beberapa tindakan antisipatif yang dilakukan PT PLN ULP Sumba Jaya antara lain menyeting kembali sistem proteksi listrik. Hal ini dilakukan agar apabila ada jalur yang mengalami gangguan, maka jalur yang lain tidak ikut terganggu.

Selain itu, dilakukan  perabasan yakni pembebasan jaringan dari gangguan pohon.

Menyangkut ketersediaan daya, Zery menjelaskan, PT PLN (Persero) ULP Sumba Jaya memiliki pasokan daya sebanyak 4.700 KW atau 4,7 Megawatt. Sementara itu, pemakaian daya pada waktu beban puncak sebanyak 4.116 KW. Sedangkan  penggunaan daya tertinggi pada siang hari hanya mencapai 2.500 KW. Karena itu, hingga saat ini PT PLN ULP Sumba Jaya memiliki surplus atau cadangan daya sebanyak 584 KW pada waktu beban puncak dan 1.616 KW pada siang hari.

Zery menjelaskan, besaran daya tersebut dipasok dari 12 unit mesin yakni tujuh unit mesin PLTD dan lima unit mesin PLTMH.  Sementara itu, PT PLN (Persero) ULP Sumba Jaya masih memiliki empat unit mesin PLTD cadangan yang akan dioperasikan sewaktu-waktu bila diperlukan, terutama saat terjadi gangguan pada unit mesin tertentu.

Dengan kondisi pasokan daya tersebut, maka Zery menegaskan, tidak akan ada pemadaman listrik secara bergilir akibat defisit daya. Namun demikian, dirinya tidak menutup kemungkinan adanya pemadaman akibat keadaan luar biasa/force major seperti cuaca buruk dan lain sebagainya.

“Saya pastikan tidak ada pemadaman bergilir karena alasan kurang daya. Tapi kalau terjadi gangguan akibat cuaca, itu yang tidak bisa kita prediksi. Mudah-mudahan aman selama musim hujan ini,” katanya.

Sementara, Ambu Ari Kondo, salah seorang pelanggan PLN lingkungan Puu Naga Kelurahan Waitabula ketika ditemui mengatakan, akhir-akhir ini terjadi beberapa kali pemadaman listrik. Namun hal itu tidak sesering sebelumnya. Dirinya berharap agar tidak ada lagi pemadaman walaupun pada musim hujan, terutama pada malam Natal dan malam Tahun Baru.

“Memang kalau tidak salah ada dua kali mati lampu dalam bulan Desember. Saya harap tidak ada lagi mati lampu. Terutama malam Natal dan malam Tahun Baru. Kami harap betul itu, biar kita tidak terganggu kalau misa atau menyongsong pergantian tahun,” katanya.

Hal senada disampaikan Sunarni, pelanggan PLN lingkungan Sapu Rata Kelurahan Waitabula. Ia mengaku gembira dengan informasi bahwa tidak ada lagi pemadaman listrik.

Dirinya mengharapkan agar informasi yang merupakan komitmen dan janji PLN dapat terlaksana terutama di malam Natal dan malam Tahun Baru.

“Saya senang kalau pak bilang kepala PLN janji listrik tidak padam. Memang selama ini kalau malam Natal dan malam Tahun Baru jarang listrik mati. Saya harap tahun ini juga tidak padam,” katanya. (mg28/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!