Timor Express

EKONOMI BISNIS

Bersinergi dengan PLN, REI Bangun 3.500 Rumah

BERSINERGI. Ketua DPD REI NTT Bobby Thinung Pitoby berjabatantangan dengan Senior Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UIW NTT, Andhoko Soeyono disaksikan pengurus dan anggota DPD REI NTT serta pejabat dan karyawan PLN UIW NTT usai berdiskusi, Rabu (9/1).

IST

Di Seluruh NTT Sepanjang Tahun 2019

KUPANG, TIMEX – DPD Real Estate Indonesia (REI) Provinsi NTT berkomitmen membangun 3.500 unit rumah di seluruh NTT sepanjang tahun 2019. Mengingat pembangunan perumahan juga harus didukung dengan berbagai stakeholder lain, seperti PLN dalam penyediaan jaringan listrik, REI NTT membangun sinergisitas dengan PLN.

Wujud sinergisitas tersebut ditandai dengan kunjungan Ketua DPD REI NTT Bobby Thinung Pitoby berserta jajaran pengurus dan anggota DPD REI NTT ke Kantor PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT, Rabu (9/1). Sinergisitas itu dimaksudkan untuk memajukan NTT menjadi nusa terang dan tumbuh. Selain itu, kunjungan DPD REI NTT ini juga dimaksudkan untuk menyampaikan kepada PLN mengenai lokasi-lokasi perumahan yang akan dibangun. Dengan demikian, PLN dapat memasukkannya dalam perencanaan untuk perluasan jaringan listrik di tahun 2019.

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang Flobamora Kantor PLN UIW NTT, hadir Senior Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UIW NTT, Andhoko Soeyono, Manajer Pemasaran F.X Eka Wijayanto serta sejumlah jajaran pejabat dan karyawan PLN.

Andhoko Soeyono dalam sambutannya, mengatakan,pertemuan tersebut mempunyai tujuan bersama yaitu menumbuhkan perekonomian NTT agar menjadi lebih baik. Pertumbuhan pemakaian energi listrik di NTT, kata Andhoko, sudah mencapai 8,44 persen pada 2018, dimana secara nasional pertumbuhan 2018 sebesar 5 persen. “Ini sudah melebihi target nasional. Hal ini menandakan pertumbuhan ekonomi sudah menggeliat di NTT,” ucap Andhoko.

Andhoko menyebutkan, untuk membangun perumahan yang dilengkapi dengan jaringan listrik dibutuhkan tiga peran. Diantaranya, PLN, lembaga untuk SLO, dan pemasangan yaitu asosiasi listrik (instalatir).

“Tiap bulan PLN UIW NTT selalu menyambung 4.200 unit. Harapannya dari pertemuan ini, proses penyambungan listrik untuk perumahan dapat terlayani dengan baik,” tambah Andhoko

Sementara F.X Eka Wijayanto menjelaskan, PLN sudah mempunyai tiga produk pasang baru. Yaitu, pasang baru individu, pasang baru kolektif, dan pelanggan premium. Untuk pelanggan premium, PLN menyediakan dua sumber/penyulang. Dengan demikian, apabila ada gangguan pada satu sumber, maka ada satu sumber lainnya yang bisa dijadikan penyokong.

“Kalau regular hanya dari satu sumber/penyulang. Dan sekarang kami siap melayani pemasangan jaringan kelistrikan dalam kawasan perumahan,” katanya.

Selanjutnya, Ketua DPD REI NTT Bobby Thinung Pitoby pada kesempatan itu mengucapkan limpah terima kasih NTT atas dukungan yang diberikan PLN selama ini. CEO PT Charson Timorland Estate itu menyebutkan, di tahun 2017 REI NTT sudah membangun 2.600 unit rumah. Di tahun 2018 mencapai 3.000 unit rumah. Target di 2019 adalah sebanyak 3.500 unit rumah. Dan sampai saat ini, sudah ada 74 perusahaan (developer/pengembang) di seluruh NTT.

Demi memuluskan target pembangunan perumahan sebanyak 3.500 unit, REI NTT membutuhkan dukungan dari PLN yang cukup besar karena jangkauan perumahan yang dibangun pengembang biasanya berada di pinggiran kota. Sehingga perumahan yang sudah terpasang jaringan listrik mendapatkan arus listrik maximal (tidak drop tegangan).

“DPD REI NTT berkomitmen membangun 3.500 unit rumah di seluruh NTT sepanjang tahun 2019. Ini menjadi planning kita di tahun ini, namun akan kita petakan lagi sesuai dengan area kerja PLN, ” kata Bobby.

Kerjasama antara PLN dan REI NTT, diakui Bobby sudah terjalin dengan baik dan lancar dari tahun 2017. Di tahun 2018 juga terdapat MoU dan harapannya, jika ada permasalahan terkait peluasan jaringan, material, dan SLO, developer anggota REI bisa menemukan jalan keluar.

Selain membahas soal perluasan jaringan listrik, REI NTT bersama PLN juga membahas mengenai energi terbarukan seperti solar panel dan lain-lain serta layanan kawasan premier. (tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!