KPU Kebut Produksi dan Ditribusi Logistik Pemilu – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

KPU Kebut Produksi dan Ditribusi Logistik Pemilu

ILUSTRASI: NET

Tjahjo Kumolo: Pemilih Pemula Sudah Bisa Rekam e-KTP

JAKARTA, TIMEX-Hingga saat ini proses produksi dan distribusi logistik Pemilu serentak 2019 baik itu Pemilu presiden dan wakil presiden dan DPR RI serta DPD RI masih terus dilakukan oleh KPU RI. Sementara untuk logistik Pemilu untuk DPRD provinsi, kabupaten/kota diproduksi oleh KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota.

Terkait kesiapan KPU RI untuk produksi dan distribusi logistik Pemilu serentak 2019 ini, Ketua KPU RI, Arief Budiman di Jakarta kemarin (10/1) menegaskan, ada logistik Pemilu yang sudah diproduksi tahun 2018 lalu. Ada juga yang baru diproduksi tahun 2019 ini.

“Yang jelas, untuk logistik Pemilu serentak 2019 ini ada yang memang produksinya sudah dikakukan di tahun 2018 lalu. Sementara logistik yang baru diproduksi dan nanti akan diproduksi di tahun 2019 memang masih menunggu ada keputusan lainnya ditetapkan dulu. Seperti surat suara, memang tidak bisa diproduksi di tahun 2018 karena belum ada penetapan DPT (daftar pemilih tetap),” tegas Arief.

Mengenai logistik Pemilu serentak 2019 yang sudah selesai diproduksi di tahun 2018 lalu, Ketua KPU RI jelaskan bahwa sudah dikirim ke KPU kabupaten/kota. Logistik yang sudah dikirim itu, katanya, belum bisa diditribusikan lagi ke kecamatan dan desa/kelurahan termasuk TPS. Pasalnya, logistik yang sudah didistribusikan itu masih harus disimpan sambil menunggu logistik lainnya yang belum diditribusikan oleh KPU RI.

“Jika seluruh logistik sudah lengkap, maka KPU kabupaten/kota akan menyiapkan logistik tersebut ke dalam kotak suara untuk selanjutnya dikemas dan diditribusikan ke kecamatan dan desa/kelurahan termasuk TPS. Jadi, prinsipnya yakni satu hari sebelum pemungutan suara seluruh logistik sudah harus tiba di seluruh TPS di seluruh Indonesia,” ujar Arief.

Disinggung terkait warga yang hingga kini belum mengantongi electronic kartu tanda penduduk (e-KTP), dirinya jelaskan, sesuai amanat undang-undang, warga yang bisa memberikan hak suaranya apabila sudah mengantongi e-KTP. “Yah, sebetulnya itu, undang-undang mengamanatkan seperti itu. Tetapi bagi KPU dan sesuai amanat undang-undang, siapapun warga negara yang sudah berusia 17 tahun saat hari pemungutan suara maka harus dimasukkan dalam DPT. Karena itu maka setiap warga negara harus dilindungi hak pilihnya,” ujarnya.

Karena itu maka Ketua KPU RI ini menegaskan bahwa harus dibutuhkan kecekatan. “Bukan karena dia (warga negara, Red) sudah punya surat keterangan (Suket) dan sudah melakukan perekaman e-KTP. Tetapi lebih dari itu warga negara tersebut sudah harus diterbitkan e-KTP-nya. Ini berlaku untuk mereka yang sudah berusia 17 tahun tepat pada tanggal 17 April nanti,” jelasnya lagi sembari menegaskan bahwa saat ini DPT di seluruh wilayah di Indonesia sudah ditetapkan beberapa waktu lalu.

Terpisah, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo belum lama ini juga menyinggung khusus terkait masalah DPT. Menteri Tjahjo menyampaikan bahwa kuncinya bagi warga negara yang memiliki hak pilih, khususnya pemilih pemula yang umurnya 17 tahun pada 17 April 2019 nanti. “Bulan Januari sudah harus terekam datanya (pemilih pemula, Red). Karena itu maka kami harapkan masyarakat proaktif juga,” katanya.

Dijelaskan bahwa Kemendagri sudah sepakat dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dengan Komisi II DPR RI, KPU, Bawaslu bahwa seandainya pemilih pemula belum memiliki e-KTP, tetapi sudah melakukan perekaman bisa menggunakan suket sepanjang suket itu bisa dibuktikan keasliannya.

“Pada RDP beberapa waktu lalu bersama Komisi II DPR RI dan KPU serta Bawaslu, kita sudah sepakati agar pemilih pemula yang berusia 17 tahun pada saat pemungutan suara harus dilayani perekaman e-KTP. Jika sudah melakukan perekaman e-KTP tapi belum mengantongi e-KTP maka bisa menggunakan suket asalkan bisa dibuktikan keaslian suket tersebut,” pungkas Tjahjo. (gat/fin/ito)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!