Timor Express

PENDIDIKAN

Pemprov Lelang 86 Jabatan Kepsek

BERI KETERANGAN. Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Aloysius Min saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/1)

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

KUPANG, TIMEX-Sebanyak 86 jabatan kepala sekolah tingkat SLTA akan memasuki masa pensiun dan berakhir masa jabatan. Untuk mengisi jabatan yang akan lowong tersebut, Dinas Pendidikan Provinsi NTT dan Kebudayaan Provinsi NTT akan merekrut kepala sekolah baru.

Perekrutan tersebut juga tidak sama seperti biasanya. Dina pendidikan menggunakan proses pelelangan jabatan kepala sekolah atau dibuka untuk umum dengan persyaratan yang lebih ketat.

Untuk mengisi jabatan kepala sekolah ini, akan diseleksi secara bertahap oleh tim assesor dengan dan harus melalui tahapan seleksi administrasi, tes computer assistes Test (CAT) dan Wawancara. Golongan yang dibutuhkan adalah III-c.

Langkah perekrutan kepala sekolah yang dilakukan pertama kali di NTT ini sebagai bentuk peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di NTT.

Sekretaris Dinas Pendidikan NTT, Aloysius Min Kepada Timor Express di ruang kerjanya, Kamis (10/1) mengatakan, proses pelelangan jabatan kepala sekolah ini mengacu pada petunjuk teknis (juknis) region kepala sekolah yang juga sudah ditandatangani Sekretaris Daerah NTT.

Proses pelelangan ini sebagai tindak lanjut dari arahan Gubernur NTT, untuk mendapatkan kepala sekolah yang berbakat dan memiliki kemampuan.
“Kalau diusulkan seperti sebelumnya, belum tentu yang memikiki kemampuan diusulkan. Tetapi dengan diumumkan secara terbuka, maka semua guru berpeluang untuk melamar diri. Berlomba-lomba menempati jabatan kepala sekolah ini,” ujar Alo.

Menindaklanjuti hal tersebut, akan dilelang sebanyak 86 jabatan kepala sekolah. Jabatan kepala sekolah tersebut kurang lebih 70 sekolah dijabat oleh pelaksana tugas (Plt) kepala sekolah dengan jangka waktu hingga saat ini. Bahkan ada yang sudah sekira 2 tahun.

“Diharapkan para Plt kepala sekolah saat ini bisa mengikuti proses pelelangan ini. Kemudian untuk sekolah yang masa jabatanya akan berakhir pada bulan Juli 2019 juga turut dilelang. “Kepada kepala sekolah yang masa jabatannya berakhir dan memasuki masa pensium pada bulan Juli mendatang juga turut dilelang,” katanya.

Terhadap proses pelelangan ini sudah diumumkan kepada para guru SMA dan SMK serta SLB agar bisa melengkapi berkas dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Baik untuk persyaratan umum maupun persyaratan khusus.

Pembukaan pendaftaran mulai tanggal 7-14 Januari 2019 yang dilakukan di masing-masing UPT. “Diharapkan teman-teman guru yang sudah memenuhi persyaratan bisa melakukan pendaftaran,” kata Alo.

Tujuan dari perekrutan kepala sekolah ini adalah penataan manajemen di sekolah. Karena fokus kompetensi dan kemampuan guru juga dilakukan peningkagan sistem manajemen kepemimpinan di sekolah.

“Ini sebagai upaya mendorong kinerja kepemimpinan kepala sekolah dan memperbaiki pendidikan sekolah. Sehingga jika dilihat dari manajemen berbasis sekolah, ada tiga pilar utama yang harus dilihat, yakni manajemen, pembelajaran dan peran serta masyarakat,” paparnya.

Ini semua harus diawalai dari proses perekrutan. Sehingga bisa memperbaiki pendidikan NTT yang diketahui di bawah provinsi lain.
Dijelaskan, calon kepala sekolah harus mampu menggambarkan sekolahnya. Mulai dari sejarah sekolah, kondisi pendidik, kondisi peserta didik, kurikulum, sarana prasarana, pembiayaan serta muatan lokal.

Jika ini bisa dibuat, secara tidak langsung sudah bisa mengetahui seorang leader yang diharapkan. Sesuai aturan yang baru, jabatan kepala sekolah bukan lagi tugas tambahan, namun sebagai manejer. Sehingga ada tiga fokus penilaian yang akan dilakukan, yakni manajemen, supervisi dan kewirausahaan.

“Kepala sekolah mampu bekerja sama dengan dunia industri jika di SMK. Sedangkan untuk SMA, kepala sekolah bisa membangun kemitraan dengan masyarakat, komite dan semua stake holder,” terangnya.

Dia juga mengatakan, dengan adanya proses tes ini, tidak ada lagi calo-calo atau pun faktor keluarga di dalam proses ini. Proses pelelangan ini dikatakan, guru dari sekolah lain bisa medaftar di sekolah yang diinginkan.

Upaya evaluasi juga akan dilakukan kepada kepala sekolah yang sementara aktif untuk mengontrol kinerjanya. Evaluasi ini bukan berarti mencari keselahan kepala sekolah, namun semata ingin meningkatkan mutu.

Dia sebutkan, tanggal 7-14 Januari 2019, tahapan seleksi pendaftaran dan seleksi administrasi. Tanggal 16 Januari 2019, test CAT dilakukan di TUK yang ditunjuk. Sementara tanggal 18-25 Januari 2019, presentasi visi misi dan wawancara. Selanjutnya pada 5 Februari 2019 mendengar hasil tes. Proses ini dilakukan di masing-masing UPT Wilayah.
Sekolah yang akan dilelang jabatan kepala sekolahnya, yakni SMA 58 sekolah, SMK 24 sekolah dan SLB 4 sekolah.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!