Timor Express

EKONOMI BISNIS

Tarif Listrik Tak Naik di 2019

PERBAIKI JARINGAN. Petugas PLN tampak sedang memperbaiki jaringan listrik.

Dok. JawaPos.com

JAKARTA, TIMEX – Pemerintah telah memastikan tidak menaikkan tarif listrik selama 2019. Penyebabnya, harga energi batu bara sudah stabil. Apalagi, harga batu bara untuk pembangkit listrik sudah ditentukan pemerintah, yakni sebesar USD 70 per ton. Hal itu diyakini tidak akan membebani PT PLN (Persero).

“Kita baru selesai batu bara yang maksimum USD 70 per ton. Membuat sedikit nafas PLN,” ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy Noorsaman Sommeng di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan, Jakarta, Kamis (10/1).

Tidak hanya itu, komponen energi primer lainnya seperti harga minyak juga dalam kondisi yang meyakinkan. Saat ini harga minyak dunia ada di level USD 60 per barel.

Bahkan, beberapa lembaga internasional, seperti JP Morgan memprediksi rata-rata harga minyak dunia di 2019 ada di kisaran USD 55 per barel.

“Kedua tanpa disadari tiga bulan terakhir harga turun terus. Sekarang, Brent crude USD 60, ICP USD 54. Masih oke, dibanding yang PLN khawatir mencapai USD 80 artinya USD 72 ICP-nya. Sekarang ICP USD 54, it’s ok,” katanya.

Keyakinan itu semakin menguat, lantaran pada tahun ini pemerintah berhasil menjaga angka inflasi 2018 di bawah sasaran 3,5 plus minus satu persen. Dengan target yang sama di tahun ini, ia yakin pemerintah bisa kembali menjaga pergerakan inflasi.

“Inflasi rendah, nilai tukar masih turun lagi, masih ok, itu jawaban maksud saya,” pungkasnya. (jpg/tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!