Eselon II Susul Eselon III dan IV – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Eselon II Susul Eselon III dan IV

ILUSTRASI: MARTEN LADO/TIMEX

Ujian CAT Pejabat Pemprov NTT

KUPANG, TIMEX-Mutasi pejabat di pemerintah Provinsi NTT sedang dipersiapkan. Sebanyak 1.037 pejabat, masing-masing eselon III sebanyak 275 orang dan eselon IV sebanyak 762 telah mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT).

Selanjutnya, pemerintah sedang mempersiapkan untuk menguji pejabat eselon II dengan sistem ujian yang sama. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi kepada Timor Express di Gedung DPRD NTT, jumat (11/1).

“Sekarang lagi ujian CAT untuk eselon III dan IV. Kemudian nanti eselon II. Mudah-mudahan bulan ini sudah selesai,” jelas Josef usai mengikuti Rapat Paripurna DPRD.

Pernyataan Josef tersebut menjawab pertanyaan koran ini terkait proses pengisian jabatan untuk organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengalami perubahan. Baik yang perampingan atau yang mekar.

Menurut politikus Partai Golkar itu, ujian CAT tersebut merupakan bagian dari persiapan untuk melakukan mutasi. Setelah ujian CAT dilakukan pemetaan untuk menemukan mereka yang memenuhi syarat atau yang tidak memenuhi syarat.

“Saya lihat nanti. Nanti kami invesntarisir lalu petakan. Eselon II juga begitu. Dan nanti ada seleksi. Orang yang dari staf, naik jadi eselon IV, mereka seleksi, sehingga mereka sudah CAT itu. Eselon II juga kami akan CAT. Selain itu, ada juga seleksi,” beber Josef.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKD Provinsi NTT, Mulu Blasius kepada koran ini menjelaskan, ujian CAT yang berlangsung sejak 4 Januari hingga 10 Januari 2019 itu menggunakan bahan soal dari BKN. Selain itu, tim asesor juga didatangkan dari Jawa Barat, termasuk asesor lokal NTT.

Wakil Gubernur sebelumnya sudah menggelar mutasi eselon III pada Desember 2018. Mutasi perdana untuk pasangan Viktor Bungtilu Laiskoda-Josef nae Soi itu hanya untuk mengisi lima jabatan eselon III yang lowong. Dan, pelantikan dilakukan tidak biasa, yakni oleh Wagub, Josef Nae Soi.

Saat ini, peraturan daerah tentang restrukturisasi OPD pemprov NTT sudah disahkan. Dan, tujuh dinas akan dihilangkan atau dimerger dengan dinas lain yang serumpun. Sehingga, tujuh jabatan kepala dinas pun akan hilang. (cel/jpg/ito)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!