70 Lampu Hias Terpasang – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

70 Lampu Hias Terpasang

LAMPU HIAS.  Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore memantau pemasangan lampu hias di Jl. El Tari, Jumat (11/1).

FENTI ANIN/TIMEX

Bermotif Bunga Sepe dan Sasando

KUPANG, TIMEX – Sebanyak 70 lampu hias bermotif bunga sepe dan sasando telah terpasang di sepanjang Jl. El Tari.

Satu lampu hias ini seharga Rp 4 juta, dan program lampu jalan ini ditangani Bagian Umum Setda Kota Kupang.

Saat pemasangan lampu hias ini, Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore memantau langsung proses pemasangannya yang dilakukan oleh Bagian Umum.

Saat diwawancarai di Jl. El Tari,  Jumat (11/1), Jefri Riwu Kore mengatakan, 70 lampu jalan bermotif bunga sepe dan sasando ini didesain oleh TP PKK Kota Kupang.

“Memang untuk lampu hias ini harganya hanya Rp 4 juta, tetapi biaya pengangkutannya yang mahal, karena satu kontener hanya bisa memuat empat sampai lima lampu saja. Sehingga saya sudah instruksikan agar tahun ini, yang pembuat lampu ini yang datang ke Kota Kupang saja,” kata orang nomor satu di Pemkot Kupang ini.

Menurut Wali Kota,  jika para pembuat lampu hias ini didatangkan di Kota Kupang, maka tentunya biaya pengangkutan bisa dimanfaatkan untuk menambah jumlah lampu hias.

“Kami targetkan tahun ini akan dipasang 300 sampai 500 titik lampu hias, yang akan tersebar di jalan protokol di Kota Kupang,” ujarnya.

Menurut sosok yang akrab disapa Jeriko ini,  jika para pembuat lampu jalan didatangkan di Kota Kupang, maka bisa sekaligus dimanfaatkan untuk melatih anggota TP PKK Kota Kupang, agar kedepan, TP PKK dapat membuat lampu hias sendiri dan bisa menambah produktivitas dan keterampilan mereka.

“Saya harapkan agar kedepan pelatihan membuat lampu hias ini bisa dilakukan di sini. Sudah terbukti TP PKK mampu mendesain lampu hias dengan motif bunga sepe dan sasando yang menjadi ikon Kota Kupang. Kedepan harus bisa membuatnya juga agar dapat dijual dan dapat menambah pendapatan ekonomi.  Kami pemerintah sangat mendukung TP PKK yang telah banyak membantu pemerintah dalam memberikan inovasi dan keterampilan,” terangnya.

Jeriko mengaku, tahun 2019 ini juga akan dipasang 1.000 titik lampu baru, yang akan tersebar di seluruh wilayah Kota Kupang.

“Tahun ini kita sudah bisa melihat perubahan di Kota Kupang, akan menjadi lebih terang, lebih indah dengan lampu hias dan penataan taman-taman yang ada di kota ini. Pelan-pelan kita benahi, tentu disesuaikan dengan anggaran yang ada,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bagian Umum Setda Kota Kupang Jhoni Bire, didampingi koordinator lampu jalan Edy Meok,  mengatakan, sekarang ini Bagian Umun fokus dengan penerangan di Kota Kupang.

“Untuk lampu jalan, tahun 2017 kami dianggarkan untuk membeli 3.000 lampu,  tahun 2018 ada 500 titik lampu baru, dan tahun 2019 akan ada 1.000 titik lampu baru lagi yang akan dipasang. Tentunya sekarang kami sudah mulai mempersiapkan semuanya, dan dipastikan Februari mendatang sudah mulai dipasang,” kata Jhoni Bire.

Sementara Edy Meok, mengatakan,  sesuai instruksi Wali Kota, diharapkan peran aktif dari semua lurah agar dapat memasukan jumlah kebutuhan lampu jalan di masing-masing wilayah, lengkap dengan lokasi pemasangan, agar Bagian Umum Setda Kota Kupang dapat segera turun untuk memasang lampu jalan.

“Untuk menjadikan kota ini lebih baik dan lebih tertata secara baik, termasuk dalam hal penerangan, tentu dibutuhkan kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat agar bisa menjaga semua fasilitas publik yang disediakan pemerintah,” ungkapnya. (mg25/joo)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!