Seleksi Anggota KPU Masih Menggantung – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Seleksi Anggota KPU Masih Menggantung

KUPANG, TIMEX-Proses seleksi anggota KPU Provinsi NTT belum juga usai. Padahal, Panitia Seleksi (Pansel) telah menyerahkan 10 nama hasil seleksi kepada KPU RI untuk diproses lebih lanjut.

 Ubaldus Gogi

 Ubaldus Gogi

Sekretaris KPU NTT, Ubaldus Gogi yang dikonfirmasi Timor Express, Minggu (13/1) menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum menerima informasi terkait perkembangan proses seleksi untuk mengisi kekosongan lima anggota KPU itu.

“Belum ada. Itu kan sudah jadi kewenangan KPU pusat. Jadi kami tunggu saja hasilnya,” kata Ubaldus.

KPU NTT sendiri mengalami kekosongan sejak 27 Desember 2018 karena seluruh anggota KPU NTT sudah berakhir masa jabatannya. Beruntung, saat ini belum ada tahapan pemilu yang membutuhkan kehadiran komisioner KPU. “Untuk sementara karena belum ada pleno, jadi belum ada masalah. Tapi kami berharap prosesnya cepat,” terang Ubaldus.

Ditanya terkait kewenangan KPU NTT dalam proses seleksi KPU kabupaten/kota di NTT, Ubaldus katakan, proses seleksi oleh pansel untuk KPU kabupaten/kota juga sedang berlangsung. Dan dia berharap tidak ada hambatan.

Sebelumnya, Ketua Pansel anggota KPU NTT, Djidon de Haan kepada koran ini menjelaskan, pihaknya sudah menyerahkan 10 nama hasil seleksi ke KPU RI. Penyerahan 10 nama itu sudah dilakukan sejak awal November 2018. Dengan demikian, tugas pansel sudah selesai. Selanjutnya, KPU NT melanjutkan proses seleksi dengan melakukan fit and proper tes untuk mendapatkan lima orang menjadi anggota KPU NTT liam tahun ke depan.

Sementara Ketua KPU RI, Arief Budiman yang dikonfirmasi koran ini menjelaskan, seleksi calon aggota Komisi KPU Provinsi NTT hingga saat ini belum juga usai. KPU RI yang bertugas melakukan fit and proper test pun belum melakukannya.

Arief menegaskan, saat ini proses seleksi komisioner KPU, baik KPU provinsi dan kabupaten/kota masih terus dilakukan. “Proses seleksi untuk merekrut komisioner yang baru untuk provinsi dan kabupaten/kota hingga kini masih terus berlangsung. Dan dalam proses tersebut, apabila ada masalah maka kita selaku KPU RI akan melakukan pengecekan. Dan tentunya, kebijakan yang akan kita ambil untuk menyikapi proses seleksi komisioner KPU baik itu provinsi dan kabupaten/kota jelas harus sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandas Arief.(cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!