Bawaslu Instruksikan Jaga Kotak “Kardus” – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Bawaslu Instruksikan Jaga Kotak “Kardus”

KOTAK SUARA. Seorang petugas sedang menyusun kotak suara pemilu.

FOTO ISTIMEWA

Minta KPU Gencar Sosialisikan Pemilu

KUPANG, TIMEX-Distribusi logistik pemilu 2019 sudah dilakukan. Sejumlah item, mulai dari kotak suara, bilik suara, amplop untuk mengisi dokumen dan beberapa lainnya.

Untuk menjaga agar logistik aman dan tidak terjadi kerusakan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT melakukan pengawasan secara ketat. Ketua Bawaslu NTT, Thomas Djawa kepada Timor Express menegaskan, pihaknya menginstruksikan kepada Bawaslu di kabupaten/kota untuk mengawasi mulai dari proses distribusi hingga gudang penyimpanan.

THOMAS DJAWA

THOMAS DJAWA

“Logistik-logistik itu hampir semua sudah di kabupaten/kota. Makanya kami minta supaya perhatikan baik-baik. Jangan sampai rusak saat distribusi. Lalu gudang penyimpanan juga jangan sampai bocor dan air masuk karena hujan. Supaya jaga itu kotak suara yang dari kardus itu,” papar Thomas, Senin (21/1).

Dia jelaskan, selain logistik yang dia sebutkan tersebut, ada pula logistik yang akan diadakan oleh KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota. Misalnya, paku dan alas cloblos. “Jadi tidak semua ligostik itu diadakan oleh KPU pusat,” sambungnya.

Thomas juga menyinggung KPU NTT yang saat ini masih diambilalih oleh KPU RI. Menurut dia, dengan tahapan pemilu yang semakin mendekati proses pencoblosan, KPU seharusnya sudah siap. Pasalnya, bukan hanya urusan logistik, namun juga sosialisasi kepada masyarakat terkait kepemiluan yang belum maksimal.

“Kalau logistik itu sampai saat ini masih aman semua. Belum ada laporan tentang kerusakan. Kekuatiran kami soal komisioner KPU yang belum ada. Sementara tahapannya semakin padat.,” tandasnya.

Bawaslu, lanjut dia ingin informasi terkait pemilu bisa disebarluaskan ke seluruh masyarakat hingga ke pelosok-pelosok. Pasalnya, pemilu kali ini menurut dia lebih rumit dari pemilu-pemilu sebelumnya.

Selain karena banyaknya partai politik, juga banyaknya surat suara. Terdapat lima surat suara,yakni suarat suara capres-cawapres, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota. “Harus gencar sosialisasi. Supaya masyarakat benar-benar terlibat aktif dalam pemilu kali ini,” imbuhnya.(cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!