Mobil Dinas Pemprov Bergambar Wisata – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Mobil Dinas Pemprov Bergambar Wisata

ILUSTRASI: MARTEN LADO/TIMEX

DPRD: Kami Dukung Dimulai dari Pimpinan

KUPANG, TIMEX – Satu lagi kebijakan baru gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat. Seluruh badan mobil dinas pejabat eselon I, II, III dan IV akan ditutupi stiker bergambar destinasi-destinasi dan atraksi wisata dari seluruh NTT.

Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Marius Jelamu di kantornya, Selasa (29/1). Marius jelaskan, pihaknya sedang menyiapkan desain gambar-gambar yang akan ditempel pada mobil-mobil dinas (Mobdin).

“Seluruh badan mobil itu akan dilukis. Dan saya harapkan, walaupun ini berlaku untuk provinsi, tetapi kami mendorong BUMN, bupati/wali kota dan jajaran se-NTT untuk bisa mengikuti apa yang dilakukan pemerintah provinsi NTT,” kata Marius.

Diharapkan, kebijakan ini akan lebih mudah memperkenalkan destinasi dan atraksi wisata di NTT kepada masyarakat luar. Dia katakan, ini merupakan salah satu bentuk promosi wisata yang efektof untuk mendekatkan informasi kepada masyarakat.

“Hotel, restoran di seluruh NTT agar bisa menyesuaikan kebijakan gubernur NTT. Untuk siapa? Untuk kita semua,” tambahnya.

Masih menurut dia, salah satu bentuk promosi lagi adalah memasang lambang Wonderfull Indonesia dan NTT Ring of Beauty pada baju seragam putih para ASN di NTT. Dua lambang tersebut dipasang pada bagian atas saku baju, masing-masing pada bagian kiri dan kanan.

Menurut dia, baju seragam berwarna putih itu juga biasanya dipakai pada setiap Hari Rabu. “Ini berlaku untuk ASN Provinsi NTT. Dan kami harapkan wali kota/bupati se-NTT untuk bisa menyesuaikan. Kita sudah desain dan akan dikirim ke pimpinan OPD, bupati dan perguruan tinggi. Termasuk lembaga terkait, hotel serta restoran untuk menyesuaikan,” terangnya.

Semua ini, lanjut dia adalah untuk kepentingan seluruh masyarakat NTT. Inilah bukti, niat pemerintah untuk menunjukkan kepada dunia bahwa inilah provinsi yang menjadikan pariwisata sebagai prime mover. “Kita punya banyak alasan. NTT sangat kaya destinasi, baik di darat dan di laut,” imbuhnya.

Sementara anggota DPRD NTT, Boni Jebarus yang dimintai komentarnya mengatakan, langkah yang diambil gubernur tersebut sangat tepat. Sebagai pimpinan, para pejabat harus menjadi contoh untuk mempromosikan pariwisata NTT.

“Kekuatan utama pariwisata adalah promosi dan gerakan politik. Dan itu dimulai dari pemimpin. Pemimpin sebagai panglima penggerak sosial untuk memobilisasi berbagai sumber daya,” kata Bonjer, sapaan Boni Jebarus.

Dia bahkan ikut mendukung kebijakan hari berbahasa Inggris yang ducanangkan gubernur melalui peraturan gubernur nomor 56 tahun 2018. Peraturan gubernur tersebut ditandatangani gubernur pada 21 Desember 2018 dan berlaku setiap hari Rabu, mulai hari ini.

“Penggalangan politik dan sosial membangkitkan potensi yang ada. Termasuk gerakan berbahasa Inggris setiap hari Rabu. Kami dukung sepenuhnya upaya keras dan cerdas dari gubernur untuk mempersiapkan sedini mungkin, sumber daya bagi sektor penunjang pariwisata,” tutup dia. (cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!