Kasus DBD Meningkat, Menkes Serukan PSN – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Kasus DBD Meningkat, Menkes Serukan PSN

Terbanyak di NTT, Jatim dan Jateng

JAKARTA, TIMEX- Hingga kini, jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) terus meningkat. Data secara nasional yang dikantongi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI per 3 Februari, jumlah kasus DBD sebanyak 16.692 kasus. Sebanyak 169 jiwa di antaranya meninggal dunia.

Berdasarkan rekapan kasus DBD yang dirilis Kemenkes RI, penyebaran terbanyak ada di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Provinsi NTT. Khusus di Provinsi NTT, dua kabupaten/kota yakni Kabupaten Manggarai Barat dan Kota Kupang sudah menetapkan kasus DBD sebagai kejadian luar biasa (KLB). Data kasus DBD pada 29 Januari lalu dari Kemenkes RI sebanyak 13.683 dengan jumlah korban DBD yang meninggal dunia sebanyak 133 jiwa. Hanya saja, data kasus DBD di Provinsi NTT tidak dirincikan secara detail.

Menteri Kesehatan (Menkes), Nila Moeloek di Jakarta menegaskan, nyamuk DBD atau aedes aegypti lebih suka berkembang biak di air yang bersih. “Jangan dikira nyamuk DBD lebih suka

bersarang di tempat kotor atau tak terawat. Justru nyamuk DBD lebih suka bersarang di air yang bersih yang tergenang. Masalah lingkungan harus diperhatikan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN),” jelas Nila.

Sementara Direktur Jenderal (Dirjen) Pecegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes RI, dr. Anung Sugihantono, M.Kes mengatakan, Jawa Timur masih menduduki jumlah kasus DBD terbanyak di antaranya di Kediri dan Ponorogo.
DBD, lanjut Anung, ada diagnosanya. DBD ada yang hanya di tahapan klinis dengan tanda panas pada penderita, kemudian sedikit ada tanda-tanda perdarahan. Kemudian Dengue Shock Syndrome (DSS) yakni kondisi dari demam berdarah yang sudah masuk kepada tahapan syok.

“Kalau sudah syok berarti ada gangguan dari sirkulasi darah atau sejauh ini kejadian yang bisa kita temukan memang yang DSS porsinya tidak lebih dari 10 persen,” ujar Anung. Dengan kondisi seperti itu maka dirinya menekankan bahwa cara yang paling efektif untuk menekan angka DBD adalah PSN. Perilaku hidup bersih dan sehat, memberantas jentik nyamuk di rumah dan sebisa mungkin menghindari gigitan nyamuk seperti tidur dengan memasang kelambu, menggunakan lotion pengusir nyamuk termasuk menanam tanaman pengusir nyamuk. (gat/fin/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!