Timor Express

INTERNASIONAL

YouTube Berencana Hapus Fitur Dislike

MAU DIHAPUS. Seseorang menggunakan YouTube dan logo dislike. Youtube berencana menghapus fitur ini.

IrishNews

Platform berbagi video populer milik Google, YouTube, sedang mempertimbangkan cara untuk memerangi penyalahgunaan tombol ‘dislike’. Caranya adalah dengan menghapus fitur tombol tersebut.

Sebagaimana JawaPos.com (grup Timex) lansir dari laman Gizchina, Senin (4/2), rencana tersebut sebagai upaya YouTube untuk melawan spam yang dapat merusak saluran pembuatnya. Contoh terbaru adalah YouTube Rewind yang telah membangkitkan kemarahan masyarakat karena mengabaikan beberapa momen terpenting tahun platform tersebut di channel-channel yang dianggap populer.

Tom Leung, direktur manajemen proyek di YouTube, membahas masalah pelecehan dengan ketidaksukaan dalam video terbaru berjudul ‘Creator Insider’ itu. Dia berbicara tentang beberapa ide yang bisa lebih atau kurang efektif.
Youtube, Youtube Dislike, Youtube Hapus Dislike Ilustrasi: Platform berbagi video populer YouTube. (NeoWin)

Saat ini, tim sedang mempertimbangkan untuk menambahkan opsi mengaktifkan atau menonaktifkan tombol ‘like’ dan ‘dislike’ pada pembuat konten. Leung juga membahas opsi untuk bertanya kepada penonton video mengapa mereka mengklik tombol ‘dislike’.

Hal tersebut mungkin dilakukan melalui kotak centang dengan daftar alasan, sehingga memungkinkan pencipta konten mendapatkan umpan balik yang lebih akurat. Leung menyebut hal itu lebih baik daripada hanya meninggalkan ketidaksukaan secara impulsif tanpa alasan yang jelas.

Namun, Leung mengakui bahwa solusi tersebut rumit untuk dijalankan dan memungkinkan pembuat bisa menerima data statistik di analytics atau creator studio. Karena itu, solusi ekstrem berupa penghapusan lengkap tombol ‘Dislike’ seperti disinggung di atas masih dipertimbangkan.

Leung berpendapat bahwa ketika hal itu dilakukan, maka tidak akan demokratis. Hingga kini perubahan tersebut masih dalam tahap diskusi alot dan tim percaya bahwa ini bukan pendekatan yang tepat. Mereka akan menunggu sampai mereka menemukan ide yang lebih baik. (jpg/tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!