Timor Express

NASIONAL

KPU RI Masih Ambilalih KPU Sabu

Bawaslu Ingatkan Tahapan Pemilu Mendesak

KUPANG, TIMEX-Nasib Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sabu Raijua belum juga jelas. KPU RI sampai saat ini masih ambilalih KPU tersebut. Padahal KPU RI sudah melantik KPU Provinsi NTT pada Jumat (8/2).

Ketua KPU NTT, Thomas Dohu yang dikonfirmasi Timor Express, Minggu (10/2) mengakui, pihaknya belum bisa memastikan nasib KPU Sabu Raijua. Terutama terkait proses seleksi anggota KPU yang terbengkalai.

“Kami masih menunggu penyampaian secara tertulis dari KPU RI. Saat ini kewenangan KPU Sabu Raijua masih oleh KPU RI. Secara administrasi harus ada surat dulu karena KPU RI sudah mengambilalih,” kata Thomas Dohu.

Terkait hal ini, Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna menegaskan, saat ini sedang berlangsung tahapan pemilu serentak nasional yang sangat penting. Sehingga KPU NTT yang baru dilantik itu diminta untuk segera menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional.

“KPU harus segera melakukan perekrutan, sehingga tidak diambilalih terlalu lama. Apalagi akan dilakukan penyusunan DPTB tahap pertama yang batas penyusunannya di PPS (sampai kabupaten) tanggal 17 Februari dan perekapan sampai 20 Februari,” kata Jemris.

Jemris tambahkan, Bawaslu berharap KPU maksimal melaksanakan setiap tahapan pemilu dengan tetap mengedepankan profesionalitas dan tetap menjaga integritaas. Sehingga, pelaksanaan pemilu 2019 lebih berkualitas.

Thomas tambahkan, karena baru dilantik, pihaknya akan melakukan konsolidasi internal dan konsolidasi dengan stakeholder tingkat pronvinsi.

“Besok kami akan koordinasi internal. Dalam minggu ini juga koordinasi dengan stakeholder. Gubernur, DPRD, Kapolda dan Partai Politik,” terang anggota KPU NTT dua periode itu.

Selanjutnya, kata Thomas, pihaknya akan mendalami kebijakan KPU yang ditetapkan tahun 2019, terutama selama masa ambilalih, untuk segera dijalankan atau memonitor apabila dilaksanakan oleh KPU kabupaten Kota dan panitia Adhoc.

Saat ini, sejumlah agenda penting telah menanti KPU yang baru. Pertama tahapan penyusunan daftar pemilih tetap tambahan, dafar pemilih khusus, perbaikan daftar pemilih tetap yang selanjutnya akan direkap secara perjenjang di provinsi pada 18-19 Februari. “Tahapan ini sedang berjalan di desa. Naik ke kecamatan pada 15 Februari dan 17 di kabupaten,” tutupnya.(cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!