Timor Express

RAKYAT TIMOR

Bupati Ancam Polisikan Keluarga Ibu Hamil

ATAMBUA, TIMEX – Kasus meninggalnya ibu hamil saat melahirkan di rumah, mendapat kecaman keras Bupati Belu, Willybrodus Lay. Dia meminta kepala puskesmas untuk melaporkan keluarga ibu hamil ke polisi jika terjadi kasus ibu atau bayi meninggal saat melahirkan di rumah.

“Kalau ibu hamil atau suaminya tidak kooperatif atau keberatan untuk melahirkan di puskesmas, ancam mereka bahwa kalau terjadi masalah saat melahirkan kami akan laporkan bapak atau ibu ke polisi biar ada tekanan psikologi untuk keluarga ibu hamil. Sehingga, ibu hamilnya bisa melahirkan di puskesmas biar ada perhatian kesehatan dari petugas saat kelahiran berlangsung,” tegas Bupati Belu, Willybrodus Lay saat rapat koordinasi dengan kepala dinas dan para kepala puskesmas di aula kantor bupati Belu, Rabu (6/2).

Penegasan ini disampaikan Willybrodus menyusul adanya laporan tiga orang ibu hamil meninggal saat melahirkan dalam bulan Januari 2019. “Tahun 2016 ada empat orang ibu hamil meninggal saat melahirkan, 2017 enam orang dan 2018 sembilan orang. 2019 ini sudah tiga orang ibu hamil meninggal saat melahirkan, makanya kami tegaskan kepada semua kepala puskesmas untuk lebih tegas kepada para ibu hamil agar mau melahirkan di puskesmas biar ada pendampingan saat melahirkan sehingga menjamin keamanan dan keselamatan ibu dan bayi saat melahirkan,” jelasnya.

Willybrodus menegaskan pentingnya disiplin melaksanakan tugas bagi semua petugas medis mulai dari puskesmas hingga rumah sakit. Hal ini katanya, penting diperhatikan agar pelayanan medis kepada pasien maksimal  sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya mau setiap hari absen tiga kali. Pagi, siang dan malam harus absen biar tidak ada petugas yang seenaknya meninggalkan rumah sakit. Sebab, saya banyak dapat laporan dari masyarakat tentang buruknya disiplin petugas medis saat menjalankan tugas di  puskesmas termasuk rumah sakit,” kata Willybrodus. (ogi/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!