Timor Express

KUPANG METRO

Koridor V Masuk Tahap Finishing

SEGERA RAMPUNG. Inilah pembangunan koridor V Bundaran Tirosa di Jl. Piet A Tallo yang telah memasuki tahap finishing. Diabadikan Senin (11/2).

FENTI ANIN/TIMEX

KUPANG, TIMEX – Pembangunan Koridor V Bundaran Tirosa telah memasuki tahapan finishing.

Pembangunan pekerjaan yang menggunakan anggaran sebesar Rp 7,9 miliar ini direncanakan akan selesai dalam bulan Februari ini.

Hal ini dikatakan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kupang, Herold Devi Loak, saat diwawancarai koran ini, Senin (11/2).

Devi Loak mengatakan, progres pekerjaan koridor V sudah mencapai 98 persen. Hanya perlu dirapikan dan dipasang paving block yang masih tersisa.

“Semua tanaman juga sudah ditanam, baik itu pohon tuak putih, rumput gajah duduk dan tanaman luar lainnya. Saya pastikan agar semua tanaman ini hidup, jika mati maka segera ditanam baru, dipelihara lagi sampai hidup,” kata Devi.

Dia mengaku, untuk masa pemeliharaan selama satu tahun ini, akan digunakan untuk dirawat dan dipastikan semua tanaman yang ada di taman harus hidup.

“Jadi sekarang kita dalam masa proses perawatan dan pemeliharaan agar tanaman yang ada dapat bertumbuh dengan baik di tanah Kota Kupang,” ujarnya.

Dikatakan, semua pekerjaan besar, seperti jalan, pedestrian dan plaza, serta kolam air mancur juga sudah selesai dikerjakan.

Hanya tersisa pekerjaan-pekerjaan finishing saja. Setelah selesai, maka akan masuk pada tahapan penyerahan atau PHO, dan masa pemeliharaannya selama satu tahun.

“Retensi lima persen juga sudah ada, jadi jika ada tanaman yang mati harus diganti, jika tidak, maka uang retensi lima persen itu akan dipakai untuk membeli tanaman baru,” ungkapnya.

Untuk retensi ini kata Devi, bukan dalam bentuk jaminan, tetapi dalam bentuk uang, jika tidak juga maka diminta bank yang menjamin, jadi tidak menggunakan lagi jasa penjamin.

“Saya targetkan agar bulan ini sudah selesai, jika tidak maka tentunya dendanya akan ditambah lagi,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Kupang Telendmark Daud, mengatakan, terkait pembangunan koridor V, telah diberikan kesempatan 50 hari, sehingga diharapkan dengan waktu yang diberikan ini pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.

“Saya harapkan agar konsisten dengan waktu yang telah diberikan, jangan lagi ada tambahan waktu perpanjangan. Tetapi jika memang progresnya belum selesai, maka bisa dilakukan tambahan waktu,” ujarnya.

Telendmark mengaku, jika memang nantinya akan ada tambahan waktu lagi, maka tentunya dendanya juga ditambah lagi sesuai dengan aturan yang berlaku atau aturan yang mengatur tentang denda.

“Jadi denda yang diterapkan harus sesuai dengan aturan tentang denda,” kata politisi Partai Golkar ini. (mg25/joo)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!