Depak Orson, Pilih Agus – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Depak Orson, Pilih Agus

ILUSTRASI MARTEN LADO/TIMEX
  • Jabatan Kadispenduk Kota Kupang
  • Mantan Kadis jadi Staf Ahli

KUPANG, TIMEX – Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore lebih memilih Agus Ririmase ketimbang Orson Nawa untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispekucapil) Kota Kupang. Pelantikan dilaksanakan Rabu (13/2) di Balai Kota.

Sementara itu, Kadispendukcapil David Marts Mangi dimutasi menjadi staf ahli wali kota bidang ekonomi dan pembangunan. Agus Ririmase saat ini menjabat Sekretaris Dispendukcapil. Sedangkan Orson Nawa sendiri menjabat Kadis Kelautan dan Perikanan Kota Kupang.

Padahal, sebelumnya wali kota sudah menyebut nama Orson yang bakal menjabat Plt. Kadispendukcapil. Namun, saat hari H pelantikan, justru Agus yang dipilih oleh wali kota.

Sempat ada polemik sebab saat ini Agus hanya pejabat eselon III. Namun dipilih menjadi pelaksana tugas untuk jabatan eselon II. Apalagi tugasnya di OPD yang sangat strategis.

Terkait ini, Plt. Sekretaris Daerah Kota Kupang Yos Rera Beka yang dikonfirmasi menjelaskan eselon III atau sekretaris dinas bisa atau memenuhi syarat untuk menjabat sebagai pelaksana tugas kepala dinas. Itu tergantung keputusan kepala daerah. “Untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota kupang memang bisa dan memang kepala daerah diberikan kewenangan untuk mengambil keputusan,” ujarnya.

Rera Beka mengaku Agus Ririmase dilantik menjadi pelaksana tugas Kepala Dinas Dukcapil karena merupakan kewenangan Wali Kota Kupang. Ia dianggap mampu menjalankan tugas sebagai kepala dinas.

Ia menambahkan sebagai staf, mereka selalu siap melaksanakan tugas yang dipercayakan kepala daerah. “Kalau untuk rujukan aturan memang ada. Karena memang kepala daerah diberi kewenangan untuk menata birokrasi pemerintahan,” kata Yos Rera Beka.

Total pejabat yang dilantik kemarin, yakni satu pejabat eselon II, 80 kepala SD dan 7 pejabat eselon IIIA. Pelantikan dihadiri ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh agama, penjabat Sekda Kota Kupang Yos Rera Beka dan para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore mengatakan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat struktural dan fungsional serta serah terima jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup pemerintah Kota Kupang merupakan sebuah peristiwa istimewa. Ini juga sebuah amanah dan bentuk kepercayaan pimpinan yang harus dijaga dan dijalankan sebaik-baiknya. “Dalam organisasi, mutasi atau roling merupakan hal biasa. Jangan dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan karena hal ini merupakan tuntutan organisasi dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Jefri mengatakan kegiatan pelantikan ini diharapkan dapat menjadi suatu motivasi dan senantiasa berkiprah dan mengabdikan diri sebagai ASN sesuai tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggung jawab pejabat. “Jabatan yang telah diberikan harus dijaga dan dijalankan secara baik dan harus menunjukan prestasi yang baik dalam menjalankan tugas,” ungkapnya.

Dia berharap, para pejabat yang baru saja dilantik, dapat memimpin seluruh staf untuk bekerja sesuai visi dan misi kepala daerah, dengan bertanggung jawab serta mengutamakan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Kupang. “Struktur organisasi perangkat daerah yang memiliki berbagai keunggulan apabila tidak diisi dengan personel-personel yang memiliki kemampuan manajerial, memahami hal teknis tengang pekerjaan, loyalitas, profesional dan inovatif maka hal ini akan menimbulkan permasalahan yang bersifat teknis,” ujarnya.

Untuk itu, kata Jefri, pejabat yang baru saja dilantik diharapkan mampu menjabarkan amanah dan kepercayaan ini dengan sebaik-baiknya, penuh keseriusan, bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Pejabat yang baru saja dilantik diharapkan dapat melindungi bawahannya terutama dalam memberikan arahan agar ada kerja sama yang baik antara pimpinan dan bawahannya,” kata mantan Anggota DPR RI dua periode ini. (mg25/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!