Timor Express

PENDIDIKAN

NTT Harus Terapkan Sekolah Berbasis Karakter

PELATIHAN.Pdt Jhony Kilapong saat menyampaikan materi pelatihan sekolah berbasis karakter kepada para guru di Ballroom Hotel Pelangi Kupang, Rabu (13/2).

NTHO HERISON TIHU/TIMEX

Dibantu Yayasan Pendidikan Astra

KUPANG, TIMEX-Yayasan Pendidikan Astra bekerja sama dengan Sekolah Kristen Generasi Unggul Kupang untuk menerapkan sekolah berbasis karakter unggul di NTT. Untuk mewujudkannya, para guru diberikan pelatihan di Ballroom Hotel Pelanggi Kupang, Rabu (13/2).

Kegiatan melibatkan guru dari 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP), yakni SMP Negeri 1 Negeri Amarasi Selatan dan SMP Negeri 10 Takari dan berlangsung selama 3 hari.

Pelatihan kepada para guru ini bertujuan untuk menjadikan sekolah tersebut sebagai sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra, serta meningkatkan mutu pendidikan setara dengan sekolah yang ada di kota.

Lilik, perwakilan Yayasan Pendidikan Astra Kepada Timor Express mengatakan, pelatihan ini dilakukan mulai dari guru Sekolah Dasar (SD) dan sudah berlangsung selama 3 tahun terakhir. “Untuk di Kabuoaten Kupang sendiri sebanyak lima SD. Terdapat di Kecamatan Amarasi Selatan dan 4 SD di Kecamatan Takari.

Dikatakan, selama ini guru-guru diberi materi dan pelatihan untuk meningkatkan keahliannya. Namun baru disadari, tidak ada perubahan. Sehingga dilakukan kerja sama dengan Sekolah Kristen Generasi Unggul Kupang agar memberikan pelatihan dengan harapan merubah karakter para guru.

Dia tambahkan, sebelumnya dilakukan pelatihan dan pembinaan kepada SD. Saat ini mulai melatih SMP dan ke depan akan memberikan pelatihan dan pembimbingan kepada SMA/SMK. Pihaknya juga telah melakukan kerja sama (MoU) dengan pemerintah provinsi dan kabupaten.

“Sekolah yang menjadi sekolah binaan ini adalah sekolah negeri maupun swasta. Ke depan kepada sekolah SMK difokuskan kepada kearifan lokal yang ada di desa agar selesai tamat tidak keluar daerah untuk mencari kerjan. Namun bisa mengelola kearifan lokal yang ada,” jelasnya.

Yayasan Pendidikan Astra bertujuan untuk membantu sekolah-sekolah yang saat ini masih dalam kategori prasejahtera. Selain kegiatan tersebut, masih terdapat beberapa kegiatan rutin lain yang dilakukan.

“Target kami pelayanan dan standar pendidikan di sekolah binaan ini, minimal sama dengan kualitas pendidikan yang ada di sekolah-sekolah yang ada di kota,” ungkapnya.

Terdapat sembilan SD, dua SMP di Kabupaten Kupang dan tujuh sekolah di kabupaten Rote Ndao yang masuk dalam binaan Yayasan Pendidikan Astra.Targetnya, selama lima tahun sekolah tersebut sudah menjadi sekolah unggul dan minimal terakreditasi A.

Sementara Pdt.Jhony Kilapong dari Sekolah Generasi Unggul mengatakan, gerakan yang dilakukan adalah untuk merubah mindset dan dilanjutkan dengan etitude, maka secara otomatis karakter akan berubah. Pdt.Jhony katakan, mutu pendidikan yang ada masih sangat rendah dibanding provinsi lain di Indonesia. Sehingga, harus dilakukan dengan menerapkan standar pendidikan yang memiliki fondasi karakter.

Pendidikan di NTT saat ini diperhadapkan dengan mental yang kurang baik. Sehingga harus ada 4 skill wajib yang diterapkan pada pendidikan. Keempatnya, yakni Communication Skill, Collaboration Skill, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation.

“Di NTT sangat berhubungan dengan mental dan motivasi yang sangat tinggi. Namun karakter menjadi permasalahan yang sering dijumpai. Dimana fondasi pendidikan di NTT harus dimulai dari pendidikan karakter,” katanya.

Lebih lanjut, pendidikan NTT harus diubah mulai dari karakter gurunya. Karena karakter gurulah yang harus dibentuk terlebih dahulu dan selanjutnya kepada siswa. Karena jika dibentuk dari siswa, maka siswa tidak menjadi model. “Namun jika dibentuk dari guru, maka guru menjadi model, percontohan bagi siswa,” tegasnya.

Jhony mengungkapkan, sebagai pendidik harus mengetahui perkembangan yang terjadi saat ini. Jangan menjadi pendidik yang mengajar karena kebutuhan, namun harus menjadi pendidik karena keterpanggilan dan ingin melayani dengan hati.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!