Jalan Ende-Maukaro Putus Total – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

Jalan Ende-Maukaro Putus Total

KUMPUR. Longsoran terjadi di Kampung Ledaseko Desa Wologai Kecamatan Ende, menyebabkan arus transportasi Ende-Maukaro putus total, Senin (18/2).

ALEX SEKO/TIMEX

ENDE, TIMEX – Ruas jalan dari Kota Ende menuju Maukaro yang melalui Nangaba Kecamatan Ende, putus total. Akibatnya, arus transportasi menjadi lumpuh total.

Salah seorang warga Kecamatan Maukaro, Juan S Mari menjelaskan, putusnya jalur transportasi tersebut terjadi, Senin (18/2) akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.

Melalui pesan WhatsApp kepada Timor Express, Selasa (19/2), Juan mengatakan, hujan dengan intensitas yang cukup tinggi menyebabkan runtuhan tebing menutup badan jalan, sehingga transportasi menjadi putus. Hingga Selasa (19/2), belum ada penanganan dari instansi terkait dalam hal ini Dinas PUPR Kabupaten Ende.

“Kejadian hari Senin. Hujan deras kurang lebih dua jam lebih. Sampai sekarang belum ada penanganan dari pemerintah,” kata Juan.

Ia mengatakan, longsoran terjadi tepatnya di Kampung Ledaseko Desa Wologai Kecamatan Ende. Menurut Juan, jalan tersebut dengan lebar 8 meter sepanjang 50 meter tertumpuk material, sehingga kendaraan tidak bisa melintasi jalur jalan tersebut.

“Material menutupi hampir sekitar lima puluh meter, di mana jalan yang lebarnya lebih dari delapan meter tertutup semuanya,” kata Juan.

Dia menyebutkan, jika kendaraan roda dua hendak melintas di titik longsor, maka harus dipikul masyarakat dengan biaya sekali pikul Rp 50 ribu. Begitu pula dengan dirinya yang hendak melintasi titik longsor harus merogoh kantong sebanyak itu.

“Tadi pagi (Selasa 19/2) saya harus keluarkan uang sebanyak Rp 50 ribu untuk biaya angkut. Sementara kendaraan roda empat atau lebih di pastikan tidak bisa melintasi titik longsor,” katanya.

Dia mengatakan, Selasa (19/2) Dinas PUPR Ende sudah melihat lokasi bersama TNI, namun hingga siang hari belum juga ditangani. Dirinya berharap  dinas terkait segera menangani agar transportasi bisa normal kembali.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ende, Lewang Fransiskus belum bisa dihubungi untuk dikonfirmasi.

Untuk diketahui, jalur jalan tersebut merupakan salah satu prioritas lima jalur jalan paralel yang pada tahun 2019 akan dilakukan peningkatan yakni jalur jalan Nangaba- Maukaro. (kr7)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!