Polres Lidik Tiga Desa – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Polres Lidik Tiga Desa

Dugaan Korupsi Dana Desa

Christian Tobing

ATAMBUA, TIMEX – Pengelolaan dana desa terus mendapat perhatian serius Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing. Dana desa di tiga desa dilidik penyidik Unit Tipikor Polres Belu.

Tiga desa yang sedang dilidik penyidik Unit Tipikor yaitu Desa Kabuna Kecamatan Kaluluk Mesak, Desa Tukuneno Kecamatan Tasifeto Barat dan Desa Rafae Kecamatan Raimanuk.

“Sampai saat ini proses hukum laporan masyarakat mengenai dugaan korupsi dana desa di Desa Kabuna, Tukuneno dan Rafae, semuanya masih dalam tahap penyelidikan,” ungkap Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing kepada wartawan, Selasa (26/2).

Dijelaskan, proses hukum yang sedang dilakukan penyidik berupa pemeriksaan saksi termasuk saksi ahli. Walau demikian, Christian enggan menyebut nominal yang diduga dikorupsi.

“Data yang laporkan umumnya masih berupa anggaran kegiatan yang belum tuntas termasuk kegiatan yang sudah tuntas tapi mubazir. Jadi soal nilai kerugian belum bisa diumumkan kecuali setelah pemeriksaan saksi ahli karena merekalah yang berkompeten untuk menghitung nilai kerugiaan negara,” katanya.

Menurut Christian, sesuai laporan masyarakat, dana desa yang diduga diselewengkan berasal dari beberapa tahun anggaran. Khusus untuk dana desa Kabuna dan Tukuneno dilaporkan tiga tahun anggaran mulai dari tahun anggaran 2016, 2017 dan 2018. Sedangkan Desa Rafae hanya dua tahun anggaran yaitu tahun anggaran 2016 dan 2017. “Kasus dugaan korupsi dana desa Rafae dan Kabuna dilaporkan oleh masyarakat. Sedangkan Desa Tukuneno ditemukan langsung oleh penyidik,” terang Christian. (ogi/ays)

 



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!