Pasien Diminta Keluar dari RSUD Ende – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

Pasien Diminta Keluar dari RSUD Ende

PASIEN. Maria Pia, pasien yang diminta tinggalkan RSUD Ende karena belum bayar tunggakan.

ALEX SEKO/TIMEX

Belum Bayar Tunggakan

ENDE, TIMEX – Nasib malang dialami pasien di RSUD Ende, Maria Pia. Gara-gara belum membayar tunggakan RSUD, pihak rumah sakit memberhentikan pemberian obat-obatan dan meminta untuk keluar dari rumah sakit.

Kejadian ini menjadi viral di media sosial ketika salah seorang kerabatnya mem-posting ke akun fb.

Salah seorang adik Maria Pia, Yustinus Degu Woge dalam posting-an fb, Kamis (28/2) mengatakan, pihak rumah sakit telah menghentikan pemberian obat gara-gara keluarga pasien belum membayar uang.

“Kami mohon bantuan semua pihak dalam tahun politik ini untuk benar-benar ada secercah kasih yang masih tersisa dari bapak/ibu sekalian,” tulis Yustinus yang merupakan adik kandung Maria Pia.

Dia berharap, dengan ditulisnya keluh kesah ini bisa menjadi perhatian dan kakaknya bisa mendapat pengobatan dari RSUD Ende. Dia menyebutkan, Maria Pia adalah seorang janda yang tidak mampu dan kini tidak bisa menikmati pelayanan maksimal dari rumah sakit.

“Kami mohon bantuan karena pihak rumah sakit sudah suruh kami keluar karena menunggak pembayaran, tapi kami sampai sekarang belum ada uang,” ujarnya.

Dia meminta Bupati Ende, Marselinus YW Petu untuk turun tangan membantu kesulitan mereka.

Maria Pia warga Desa Ndikosapu Kecamatan Lepembusu Kelisoke, melalui adiknya membuka rekening agar para donatur bisa menyumbangkan uang demi meringankan beban.

Rekening atas nama Yustinus Woge melalui BRI dengan nomor 4649-01-011950-53-1.

Wakil Ketua DPRD Ende, Erikos Emanuel Rede yang ditemui di gedung DPRD Ende mengaku kaget dengan apa yang terjadi di RSUD Ende. Dia menyatakan prihatin dan mengatakan, mestinya negara harus hadir dalam kondisi seperti ini.

“Intinya negara harus hadir, jangan biarkan kejadian ini terjadi. Mestinya harus dicarikan solusi,” katanya.

Erikos langsung berkomunikasi dengan Direktris RSUD Ende, Mariane Evelyn Pani untuk mengetahui duduk persoalannya.

Ia menjelaskan, saat berkomunikasi dengan Direktris RSUD Ende disebutkan, RSUD akan segera berkoordinasi dan akan mencari jalan keluar terhadap persoalan keuangan itu. Rumah sakit kata dia, tetap akan melakukan pelayanan kepada pasien dan soal keuangan akan dicarikan solusi.

“Rumah sakit akan tetap melakukan pelayanan, namun terhadap keuangan pihak rumah sakit akan cari solusi seperti apa,” kata Erikos sambil mengutip pernyataan Direktris RSUD yang menyayangkan pihak keluarga yang mem-posting ke media sosial.

Meski demikian lanjut Erikos, semua itu merupakan bentuk kontrol masyarakat terhadap rumah sakit.

Ia berharap kepada keluarga untuk secepatnya mengurus BPJS, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang khususnya terkait dengan pembayaran keuangan di kemudian hari. (kr7/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!