Timor Express

RELIGI

Akan Dibangun Taman dan Patung Santo Antonius

WISATA RELIGI. Inilah lokasi penjualan cinderamata di Gereja Paroki Santo Antonius Padua Sasi, Kefamenanu.

PETRUS USBOKO/TIMEX

Gedung Gereja Sasi, Ikon Wisata Religi di TTU (2-habis)

Halaman depan Gedung Gereja Paroki Santo Antonius Padua Sasi, Kefamenanu akan didandan selayaknya gadis cantik. Nantinya dibangun taman, tempat parkir dan patung Santo Antonius untuk menarik wisatawan dan juga memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjung.

PETRUS USBOKO, Kefamenanu

Gedung Gereja Santo Antonius Padua Sasi, Kefamenanu tidak hanya terlihat unik dari model bangunannya. Namun akan ditata lebih indah dengan beberapa bangunan pelengkap yang akan memberikan kenyamanan pada setiap pengunjung selayaknya berkunjung di mall.

Pada bagian depan arah barat dari bangunan itu, terlihat hiruk pikuk aktivitas puluhan kendaraan dump truck yang membawa sertu untuk menimbun bagian permukaan tanah yang belum rata. Nampaknya, tempat itulah yang akan dijadikan sebagai taman sekaligus tempat parkir kendaraan bermotor setiap pengunjung. Selain itu, Pada gerbang pintu masuk bagian kanan arah barat terlihat aktivitas dari para tukang yang sementara membangun gapura dan membangun patung Santo Antonius yang akan diletakkan pada pintu masuk itu. “Kami sementara membangun taman, gapura dan patung Santo Antonius. Kami harus memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjung,” tutur Pastor Paroki Santo Antonius Padua Sasi, Pater Titus Khian Limngardi, OFMConv.

Menurut Pater Titus, Gereja harus mengikuti perkembangan zaman. Konsep inilah yang dijadikan sebagai acuan dalam menata dan membangun Gereja Sasi seperti selayaknya mall. Tempat parkir dan juga taman akan disiapkan. Dari sisi barat bangunan gereja unik itu, tampak tiga buah lapak jualan yang dibangun menggunakan batu alam pula. Ketiga lapak itu dikontrakkan kepada umat untuk berjualan. Barang yang dijual itu bukan hanya cemilan namun ada juga perlengkapan rohani. Ada rosario yang terbuat dari cendana dan ada juga yang terbuat dari gaharu. “Kita sediakan lapak jualan bagi umat. Lapak yang kita siapkan itu dikontrakkan sehingga ada pasukan untuk umat dan Gereja,” jelasnya.

Bila pembangunan pelengkap sudah selesai dikerjakan, setiap wisatawan yang berkunjung tentu selalu disambut oleh patung Santo Antonius selaku santo Pelindung dari bangunan Gereja yang unik yang terbuat dari batu alam pilihan. Selain itu, setiap wisatawan yang berkunjung tentu bisa membeli cendramata rohani yang dibuat oleh umat paroki Sasi sendiri.
Cendramata khas itu terbuat dari kayu cendana dan juga kayu gaharu dengan harga yang mudah dijangkau. Rupanya, kehadiran bangunan unik itu juga bukan hanya menarik wisatawan namun dapat membantu meningkatkan pendapatan umat yang menggunakan lapak yang disiapkan.

Tatkala matahari hendak beranjak menuju peraduan, saya pun langsung berpamitan namun tak luput saya diberikan sebuah gelang yang terbuat dari kayu gaharu sebagai cendramata. Saya pun tak sanggup meninggalkan tempat yang unik tersebut namun apa daya. Tak sempat saya mengabadikan setiap momen saat mengayun langkah meninggalkan Bangunan Gereja yang dibangun dengan sokongan dana dari pemain legenda Klub Juventus, Alexandro Dell Piero. (*/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!