8 Cara Turunkan Berat Badan hingga 2,5 Kg per Pekan – Timor Express

Timor Express

KESEHATAN

8 Cara Turunkan Berat Badan hingga 2,5 Kg per Pekan

Kini, ingin menurunkan berat badan bukan lagi impian. Caranya cukup dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Memang itu semua dibutuhkan niat dan tekad yang kuat.

Menurunkan berat badan dengan cepat rata-rata dilakukan dengan salah kaprah. Caranya hampir selalu tidak sehat.

“Bagi banyak orang sangat sulit untuk mengurangi berat badan 0,5-1 kg dalam seminggu,” kata Pakar Kesehatan di Philadelphia, Charlie Seltzer, MD seperti dilansir dari Cosmopolitan, Senin (11/3).

Ternyata ada cara efektif dan sehat untuk menurunkan berat badan tanpa terlalu menyiksa, kelaparan, membuang-buang uang untuk suplemen yang tidak jelas, atau menghukum tubuh dengan olahraga berat. Berikut 8 cara agar bisa menurunkan berat badan sebanyak 2,5 kilogram hanya dalam sepekan.

Pola Makan

“Makan lebih sedikit kalori daripada yang dibakar akan membantu Anda menurunkan berat badan. Sesederhana itu,” kata dr. Seltzer. Dia merekomendasikan menggunakan aplikasi tertentu yang saat ini banyak terdapat di ponsel untuk mengatur pola makan. Hal itu untuk menghitung asupan kalori harian.

Fokus Konsumsi Sayuran

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 1.000 orang yang diterbitkan dalam Journal of General Internal Medicine, para peneliti menemukan mereka yang mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan, hasil bumi, kacang-kacangan, dan polong-polongan bisa dengan cepat menurunkan berat badan. Para peneliti berhipotesis bahwa peserta yang abstain dari produk hewani bisa dengan mudah menurunkan berat badan karena konsumsi serat dan karbohidrat kompleks yang lambat dicerna.

Kurangi Soda

Ketika meminum karbohidrat cair seperti gula dalam soda, tubuh sama saja sedang mengonsumsi sepotong roti. Menurut ulasan penelitian yang diterbitkan dalam Current Opinion pada Clinical Nutrition & Metabolic Care, seseorang tidak akan merasa kenyang meski setelah menghabiskan satu kaleng soda.

Protein dari Daging Rendah Lemak

Protein diet adalah salah satu alat penting untuk menurunkan berat badan. Itulah sebabnya sumber protein seperti dada ayam, ikan putih, dan susu rendah lemak memiliki kalori lebih sedikit daripada burger. Yoghurt juga pilihan terbaik.

Perbanyak Serat

Seperti protein, serat memperlambat kecepatan tubuh menyerap kalori karbohidrat sehingga bisa merasa kenyang lebih lama dan mempertahankan kadar gula darah yang lebih stabil. Gantilah roti dengan roti gandum berserat. Lalu pilih buah-buahan yang mengandung serat dan vitamin.

Minum Banyak Air

Lebih banyak minum air putih akan memudahkan proses metabolisme dalam tubuh. Hindari juga minuman manis.

Kelola Stres

“Kapan saja stres, Anda akan mencari makanan,” kata dr. Seltzer. Itu karena hormon stres kortisol, membangkitkan nafsu makan makanan manis dan berlemak.

Tidur Malam Lebih Lama 30 Menit

Tidur yang buruk dikaitkan dengan metabolisme yang lebih lambat. Semakin lama terjaga, maka akan lebih banyak makan. Oleh sebab itu mulai sekarang perbaiki kualitas tidur dan tidur lebih lama 30 menit bisa menurunkan berat badan.(jpc/rum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!