Timor Express

RAKYAT TIMOR

Bupati TTU Polisikan Eman Tabean

Diduga Sebarkan Berita Hoax

KEFAMENANU, TIMEX – Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes memolisikan Eman Tabean terkait dugaan penyebaran informasi hoax yang telah disebarkan terlapor di media sosial grup facebook Biinmaffo News bertepatan dengan kunjungan Gubernur NTT, 11 Maret 2019 di Desa Makun Kecamatan Biboki Feotleu.

Informasi yang dibagikan Eman Tabean dinilai sangat merugikan Bupati TTU secara pribadi, sehingga pihaknya harus menempuh jalur hukum untuk mendapat keadilan.

Kuasa hukum Bupati TTU, Robertus Salu kepada Timor Express, Selasa (19/3) menuturkan, pihaknya telah melaporkan Eman Tabean terkait dengan informasi hoax yang telah disebarkan terlapor.

Menurut Robertus, berita yang dibagikan terlapor dengan judul berita ‘Berkunjung ke TTU, Gubernur Viktor Bilang Pak Bupati, Jangan Urus Partai Saja’, diduga kuat menyerang privasi Bupati TTU dan merugikan pemerintah daerah.

“Kami lapor Eman Tabean karena menyebarkan berita hoax yang menyebarkan berita bohong dan merugikan Bupati TTU dan pemerintah daerah,” tutur Robert.

Selain itu, pemberitaan yang dirilis salah satu media online, tidak sesuai dengan rekaman asli, sehingga pemberitaan tersebut dinilai hoax dan ingin mengadu domba antara Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dengan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes.

Robert menjelaskan, semestinya wartawan harus menulis sesuai keadaan sebenarnya secara utuh. Sehingga, pemberitaan yang disebarkan benar-benar sesuai dengan fakta dan kenyataan di lapangan.

“Pemberitaan itu menyebab kerugian, makanya kita tempuh jalur hukum dengan membuat laporan polisi ke Polres TTU dengan pasal penghinaan dan pencemaran nama baik,” jelasnya.

Robert berharap agar kasus ini tidak terulang lagi dan proses hukum yang sudah dilaporkan di Polres TTU dapat berjalan dengan baik.

Terpisah, Kapolres TTU, AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto ketika dikonfirmasi Timor Express, Rabu (20/3) membenarkan adanya laporan polisi yang dilakukan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes melalui kuasa hukum dengan terlapor Eman Tabean.

Pihaknya akan melakukan pemanggilan terhadap para pihak guna dimintai keterangan terkait kasus tersebut. “Benar ada laporan polisi oleh Bupati TTU dengan terlapor Eman Tabean. Kita akan proses sesuai aturan hukum yang berlaku,” jelasnya. (mg26/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!