Motor Sampah Segera Dibagikan ke Kelurahan – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Motor Sampah Segera Dibagikan ke Kelurahan

RAPAT. Komisi III DPRD Kota Kupang menggelar rapat kerja bersama OPD mitra kerja, Kamis (21/3).

FENTI ANIN/TIMEX

DRPD Minta Ditempatkan di Pasar 

KUPANG, TIMEX – Dinas Kebersihan Kota Kupang akan segera membagikan 21 unit motor sampah yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) beberapa waktu lalu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebersihan Kota Kupang Yeri Padji Kana, saat diwawancarai di kantor DPRD Kota Kupang, Kamis (21/3).

Yeri Padji Kana menjelaskan, motor sampah ini akan dibagikan di 20 kelurahan yang produksi sampahnya banyak, yaitu di Kelurahan Oebobo, Oetete, Kolhua, Oebufu, TDM dan kelurahan lainnya.

Yeri mengatakan, motor sampah bantuan pemerintah pusat siap dibagi ke kelurahan dalam pengawasan dinas.

Operasional motor sampah akan diawasi oleh 13 orang pengawas yang ada di Dinas Kebersihan, karena kendaraan yang akan dibagi tersebut, jika dalam peruntukkannya salah digunakan, maka akan ditarik untuk diserahkan ke kelurahan lain.

“Maksudnya jika di kemudian hari didapati ada kelurahan yang menggunakan motor ini untuk mengangkut bahan di luar sampah, maka akan ditarik dan diserahkan ke kelurahan lain, karena sesuai dengan fungsi kendaraan ini hanya dapat digunakan untuk mengangkut sampah dari rumah warga ke TPS,” katanya.

Dia menjelaskan, kelurahan yang mendapatkan motor sampah ini nantinya akan dipanggil untuk mengetahui kesiapan kelurahan.

Karena dalam penggunaan motor sampah sesuai surat yang telah dikirim ke kelurahan yang menerima diwajibkan menyiapkan kelompok atau organisasi yang mengelolah motor sampah tersebut.

“Dalam pengelolaan motor sampah tersebut, biaya operasionalnya semua ditanggung kelurahan, sebab dinas tidak memiliki anggaran untuk biaya operasionalnya,” kata mantan Kadisprindag tersebut.

Oleh karena itu, dia berharap motor sampah yang dibagikan ke kelurahan dapat digunakan secara baik sesuai dengan peruntukan untuk menangani pengangkutan sampah di kelurahan.

Yeri menambahkan, ketika penyerahan motor ini, akan sekaligus dengan penandatanganan pakta integritas, yang memuat pernyataan lurah yang menerima, bahwa siap untuk merawat dan menggunakan motor sampah ini sesuai peruntukannya.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kota Kupang Mery Salouw, meminta Dinas Kebersihan agar motor sampah juga dibagikan di pasar yang ada di Kota Kupang.

Karena tingkat produksi sampah paling banyak ada di pasar yang memproduksi sampah setiap menit.

“Saya sarankan motor tersebut dibagikan ke PD Pasar, dan PD Pasar membagikan ke pasar yang ada untuk dapat menangani masalah persampahan di pasar,” kata Mery Salouw. (mg25/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!