MUI Jabar Kaji Fatwa PUBG jadi Game Haram – Timor Express

Timor Express

RELIGI

MUI Jabar Kaji Fatwa PUBG jadi Game Haram

Game PUBG

PUBG Corp

Game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) tengah menjadi sorotan serius Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat (Jabar). Pasalnya, permainan besutan Tencent Games itu secara tidak langsung menjadi penyebab aksi kekerasan yang terjadi di Christchurch, Selandia Baru, beberapa waktu lalu.

Ketua MUI Jabar Rachmat Syafe’i mengatakan, pihaknya mendapat informasi yang beredar bahwa pelaku menjalankan aksinya karena terinspirasi PUBG. Game daring tersebut sekarang ini menjadi tren bagi anak muda, termasuk di Jabar.

Saat disinggung apakah MUI Jabar akan mengeluarkan fatwa atau aturan terkait game tersebut, Syafe’i menyebut, hal itu harus melalui kajian terlebih dahulu. “Kami harus teliti secara tepat, apakah menimbulkan kerusakan atau memberikan dampak buruk bagi masyarakat. Namun, yang namanya kekerasan mengarah ke terorisme, sama sekali tidak dapat diterima,” tegasnya sebagaimana dikutip dari Jabarekspres.com (Jawa Pos Group/Grup Timex), Kamis (1/3).

Sebagaimana JawaPos.com beritakan sebelumnya, PUBG sudah menjadi game terlarang di India. Pemerintah negara bagian Gujarat di India melarang PUBG Mobile lantaran game tersebut dinilai memicu hal buruk.

Malahan saat ini Negeri Gangga itu sudah menangkap 16 pelajar dan mahasiswa karena bermain PUBG Mobile. Mereka kedapatan bermain game jenis battle royale seminggu setelah larangan di Gujarat diberlakukan. Menurut seorang pejabat polisi di negara bagian itu, PUBG Mobile sangat membuat ketagihan. Para siswa yang dituduh bahkan tidak sadar ketika aparat kepolisian memperhatikan mereka.

India memang diketahui concern terhadap game PUBG Mobile belakang ini. Beberapa pejabat terkait bahkan pernah menyebutnya sebagai ‘game setan’ karena efek yang dianggap buruk kerap menimpa pemainnya. Menurut pemerintah India, pelarangan game besutan Tencent dan Bluehole itu menyusul serangkaian kasus di India akibat memainkan game tersebut. (jpg/tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!