Untuk Pengurus Baru BUMD – Timor Express

Timor Express

OPINI

Untuk Pengurus Baru BUMD

PERTAMA patut kita sampaikan proficiat kepada pengurus baru dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi NTT. Yakni PT. Flobamora dan PT. Jamkrida. Pengurus baru yang defenitif dilantik, Jumat (22/3). Walapun belum semua posisi terisi, namun pengurus baru tersebut sudah dilantik dan sudah mulau bekerja. Sekali lagi selamat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan ini.

Namun, harus diakui publik kaget dengan informasi pelantikan ini. Termasuk jurnalis yang keseharian bertugas di lingkungan Pemprov NTT. Informasi pelantikan ini mendadak. Bahkan hanya beberapa saat sebelum dilantik kabar itu baru sampai ke wartawan. Apakah ini disengaja agar luput dari pemantauan publik? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Iya karena memang informasi proses pemilihan pengurus baru ini minim sekali diketahui publik. Bahkan tidak ada sama sekali kalau referensinya dari berita di media massa. Proses awal pemilihan hingga menjelang pelantikan nyaris tidak dipublis di media. Kedua, bisa juga tidak mungkin masyarakat termasuk media kurang atau tidak mengakses atau tidak mau mencari tahu proses itu di interen kedua badan usaha ini. Dan juga ke Pemprov NTT sebagai pemilik badan usaha ini. Namun, itu tidak lagi penting sekarang karena pengurus baru sudah dilantik. Dan masih menunggu beberapa pengurus yang belum ada.

Yang paling penting saat ini adalah harapan kepada pengurus baru dua perusahaan daerah ini. Pertama untuk pengurus PT. Flobamora yang usianya sudah cukup tua untuk sebuah perusahaan. Sudah saatnya perusahaan ini memberi kontribusi positif untuk daerah ini. Jangan hanya menjadi beban karena selama ini kinerja perusahaan ini masih jauh dari harapan. Sering merugi, padahal subsidi dari pemerintah sangat besar.

Sudah saatnya perusahaan ini lepas dari penilaian minor yang kerap dialamatkan. Misalnya sebagai ‘sapi perah’. Juga sebagai tempat untuk mengisi orang-orangnya penguasa atau pimpinan daerah ini. Dan sejumlah pandangan negatif lainnya tentang perusahaan ini.

Sudah saatnya PT. Flobamora dikelola secara profesional sesuai prinsip-prinsip yang berlaku dalam sebuah corporate. Untuk itu, pengurus baru yang dipercaya harus memiliki kapasitas dan integritas yang cukup untuk menunjang tanggung jawab yang besar ini. Karena itu, pertanyaannya adalah apakah pengurus baru yang dilantik itu sudah memiliki kapasitas dan intergitas yang cukup teruji sebagai seorang pelaku bisnis? Jawabannya tentu ada pada yang melakukan seleksi. Namun, masyarakat awam juga paling tidak mengetahui rekam jejak dari pengurus baru yang dilantik itu. Apakah memiliki cukup syarat tersebut. Atau lebih pada faktor kedekatan dengan penguasa.

Namun, kita harus positif thinking. Anggap saja yang dipilih ini adalah yang terbaik. Karena itu, dukungan patut kita berikan. Tentu dengan harapan pengurus baru yang dilantik ini sanggup menjalankan visi dan misi perusahaan daerah ini sebagai perusahaan yang profesional.

Sementara itu, untuk pengurus PT. Jamkrida, tingkat kepercayaan masyarakat lebih tinggi. Hal itu karena pemilihan pengurus baru melihatkan lembaga independen dan teruji yakni OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Publik tidak meragukan kredibilitas lembaga ini. Karena itu, pengurus baru yang dipilih ini harus mampu membuktikan bahwa mereka pantas untuk menduduki jabatan ini.

Di masa kepemimpinan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wagub Josef Nae Soi, PT. Flobamora dan PT. Jamkrida, termasuk Bank NTT sebagai BUMD Pemorov NTT menjadi perusahaan daerah terbaik. (**)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!