900 Personel Siap Amankan Pemilu – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

900 Personel Siap Amankan Pemilu

KOMPAK. Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing (tengah), Dandim 1605/Belu, Letkol Inf Ari Dwi Nugroho (kanan) dan Kabag Ops Polres Belu, (kiri) menyatakan kekompakan mereka saat apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata, Jumat (22/3) lalu.

FRANS KOLO/TIMEX

ATAMBUA TIMEX – Sebanyak 900 aparat keamanan gabungan TNI, Polri dan sipil, siap mengawal pengamanan Pemilu, 17 April mendatang. Kesiapan aparat keamanan di Kabupaten Belu dan Malaka ini terungkap saat gelar pasukan Operasi Mantap Brata yang berlangsung di lapangan umum Kota Atambua, Jumat (22/3) lalu.

“Khusus pengamanan Pemilu, 17 April mendatang kami dari Polri dan TNI termasuk institusi keamanan sipil sudah menyiapkan kurang lebih 900 personel untuk siaga penuh saat Pemilu berlangsung mulai dari TPS sampai ke KPU dan Bawaslu. Ini wujud sinergitas dan komitmen Polri dan TNI mulai dari Kodim 1605/Belu, Yonif 744/SYB, Satgas Pamtas RI-RDTL dan Pemerintah Kabupaten Belu dan Malaka untuk menjamin situasi keamanan yang lebih kondusif selama Pemilu berlangsung,” tegas Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing usai gelar pasukan, Jumat (22/3) lalu.

Menurutnya, pengamanan jalannya Pemilu serentak, 17 April mendatang mendapat bantuan kekuatan personel keamanan dari Polda maupun Brimob  Subden II Pelopor Atambua. Karena itu, ia mengimbau masyarakat yang menggunakan hak pilihnya di TPS untuk menghindari rasa tidak nyaman selama menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani.

“Hindari rasa tidak nyaman selama menggunakan hak pilihmu karena kami  Polri dan TNI selalu siaga untuk menjamin keamanan dan kenyamanan kepada seluruh lapisan masyarakat terutama kepada para pemilih yang menggunakan hak pilihnya. Hindari isu-isu menyesatkan apalagi hoax yang menggangu keamanan dan kenyamanan selama jalannya Pemilu 17 April nanti,” tegasnya.

Sementara itu, Dandim 1605/Belu, Letkol Inf Ari Dwi Nugroho menjelaskan, untuk mendukung pengamanan selama berlangsungnya Pemilu, TNI  sudah menyiapkan 400 personel dari Kodim dan Yonif Raider Khusus 744/SYB. Kesiapan personel TNI, sifatnya BKO untuk mem-back up Polres Belu selama berlangsungnya Pemilu.

“Kodim dan Yonif 744 masing-masing menyiapkan 200 personel untuk mem-back up kepolisian selama pengamanan   Pemilu. Jadi kekuatan personel yang siapkan sifatnya BKO untuk pelaksanakan Pemilu di Belu dan Malaka,” jelasnya.

Khusus netralitas TNI selama proses Pemilu di Kabupaten Belu dan Malaka, ia menegaskan, pihaknya tetap menghargai dan menghormati netralitas sesuai amanat yang berlaku. “Aturannya, TNI dan Polri netral dalam hal politik. Tugas kami jaga keamanan dan kenyamanan selama Pemilu berlangsung itu saja tidak ada embel-embel politik,” tandasnya. (ogi/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!