Timor Express

PENDIDIKAN

Hari Pertama Terkendala Listrik dan Jaringan

UN. Peserta ujian di SMKN 3 Kota Kupang nampak serius mengerjakan soal UN di ruang PKJ 1 SMKN 3 Kota Kupang, Senin (25/3)

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

UN Tingkat SMK

KUPANG, TIMEX – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berlangsung secara nasional di Indonesia. Khusus di NTT, UN hari pertama, Senin (25/3) berlangsung lancar dan tertib.

UN sempat mengalami masalah namun dapat teratasi. Masalah yang paling banyak dialami adalah pasokan listrik yang tidak memadai. Jaringan internet di beberapa sekolah mengalami gangguan pada proses ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Namun ujian nasional berbasis kertas pensil (UNKP) terpantau berjalan lancar tanpa masalah dan tetap mengacu pada POS UN.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Aloysius Min kepada Timor Express, Senin (25/3) menyampaikan untuk Kota Kupang UNBK berjalan lancar. Tidak ada yang mengalami kendala serius. Hal teknis dapat diselesaikan oleh proktor bersama HD.

Sementara di Kabupaten Kupang, UN di SMK Adven Nusra mengalami pergeseran waktu karena kendala teknis berupa gangguan pada server. Para peserta tidak dapat berpindah ke nomor soal berikutnya. Setelah dicek ternyata virtual hard disk (VHD) rusak. Mesti ganti VHD baru. Selanjutnya dilaporkan ke pusat agar pusat dapat membuka log ujian. Sekolah lain berjalan lancar dan aman.
Selanjutnya, beberapa sekolah lainnya seperti SMK Niki-Niki dan SMK Oinlasi di Kabupaten TTS terkendala listrik yang sempat padam. Begitu juga di SMK Wulanggitangm Kabupaten Flores Timur dan SMK Asesa Kabupaten Nagekeo. Namun diatasi dengan menggunakan genset. “Kabupaten TTU, Belu, Alor, Sikka, Ngada, Ende, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Rote Ndao, Sabu Raijua dan Malaka, UNBK berjalan lancar,” ujarnya.

Aloysius Min yang juga sebagai Sekretaris Panitia UN Tingkat Provinsi NTT menyampaikan ucapan terima kasih kepada Telkom dan PLN yang telah mendukung UN hari pertama. Ia juga berharap dukungan yang sama untuk UN tingkat SMA dan SMP nantinya.

Kepala SMK Negeri 1 Kota Kupang, Mathias Makarios Beeh, S.ST.Par di ruang kerjanya mengatakan proses ujian di sekolah yang dipimpinnya itu berjalan lancar. Ia juga lakukan antisipasi dengan menyediakan genset dari PLN. Pengawasan terhadap 728 siswa tersebut dilakukan secara silang dengan SMKN 2 Kota Kupang.

Sementara itu, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat juga ikut memantau proses UNBK di SMKN 4 Kota Kupang, kemarin. Mantan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD RI ini mengatakan pemerintah berkomitmen membenahi fasilitas pendukung dan sarana pendidikan agar bisa melaksanakan UNBK dengan baik. Diharapkan tiga tahun dari sekarang semua sekolah melakukan UNBK. Menurutnya, yang perlu disiapkan dan ditata secara baik adalah listrik, jaringan dan fasilitas yang masih kurang. “Untuk tahun 2019 sendiri terdapat empat kabupaten yang sudah seratus persen melaksanakan UNBK untuk tingkat SMA/SMK. Tentu ini menjadi peluang agar semua mengikuti perkembangan yang sedang dihadapi,” ujar Viktor.

Terhadap UN SMK yang sedang berlangsung ia berharap para peserta bisa mendapat nilai kelulusan yang baik. “Untuk SMK kita dorong agar tidak hanya menghasilkan nilai namun skill terus didorong,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Benyamin Lola menyampaikan jumlah peserta UNBK tingkat SMK mencai 22.715 orang dari 279 SMK yang tersebar di NTT. Dengan rincian jumlah peserta UNBK sebanyak 21.481 orang sedangkan peserta UNKP sebanyak 1.234 orang peserta. “Dari jumlah tersebut di NTT untuk SMK tinggal 17,56 persen yang menyelenggarakan UNKP. diharapkan UN berikut di 22 kota/kabupaten di NTT seratus peraen UNBK,” ujarnya.

Pantauan Timor Express, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat usai memantau proses UNBK di SMKN 4 Kota Kupang ia juga mendatangi SMKN 3 dan SMKN 1 Kota Kupang. Viktor didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Benyamin Lola. (mg29/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!