Terapkan Hidup Sehat, Cegah TBC – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Terapkan Hidup Sehat, Cegah TBC

OEBUFU, TIMEX – Hari Tuberkulosis (TBC) sedunia, yang diperingati setiap tanggal 24 Maret setiap tahun bertujuan untuk membangun kesadaran umum tentang wabah tuberkulosis serta usaha-usaha untuk mengurangi penyebaran wabah tersebut.

TBC bisa menyebabkan kematian. Kaitan dengan hal tersebut, Lurah Oebufu, Zet Batmalo, Sabtu (23/3), mengimbau warga agar selalu meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan menjaga pola makan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan berisi, beristirahat yang cukup serta senantisa berolahraga.

“Dengan begitu maka warga akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit menular atau virus yang mematikan termasuk penyakit TBC,” ujarnya.

Dijelaskan, penyakit TBC adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan mematikan karena penularannya sangat cepat. Faktanya penyakit TBC diderita oleh kebanyakan warga yang berpenghasilan rendah karena di kalangan ini kebanyakan tidak memiliki pola hidup yang sehat dan bersih, sehingga rentan terhadap penyakit yang berbahaya.

“Kita kerja sama dengan pihak Puskesmas, Pustu dan para kader untuk memerangi penularan penyakit TBC dengan melacak dan menemukan indikasi penderita TBC dan melakukan pelayanan di tenaga medis sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku,” jelasnya.

Orang nomor satu di Pemerintah Kelurahan Oebufu menjelaskan ada dua tenaga kader yang direkrut dan dilatih oleh yayasan yang peduli TBC untuk melakukan sosialisasi dan mendampingi para penderita untuk menelan obat sesuai petunjuk dokter.

Terpisah, Lurah Manutapen, Andy Ardyansah Akbar, mengatakan pemerintah kelurahan mengharapkan masyarakat harus peduli dengan kesehatannya masing-masing.

Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta selalu mawas diri dari penularan penyakit TBC. “Apabila merasa kesehatannya tergangu untuk dapat segera melakukan pemeriksaan dini pada Puskesmas karena TBC dapat diobati dan bagi masyarakat yang terkena penyakit TBC untuk jangan malu dengan penyakit tersebut,” harapnya.

Menurutnya, dengan penanganan yang dilakukan oleh pihak medis dan masyarakat taat berobat maka penyakit TBC dapat diatasi. Khusus bagi balita diwajibkan bagi orangtuanya agar segera membawa anaknya untuk diimunisasi dengan menerima vaksin BCG. (mg22/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!