Musnahkan Pangan Ilegal – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Musnahkan Pangan Ilegal

ATAMBUA

BALAI Karantina Pertanian Kelas I Kupang memusnahkan 11 jenis pangan ilegal asal Timor Leste. Kegiatan berlangsung di PLBN Mota’ain dengan menghadirkan saksi dari intansi pemerintah terkait termasuk Karantina Pertanian Timor Leste.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang, Benny Aprissa menjelaskan, 11 jenis bahan pangan ilegal yang dimusnahkan, Rabu (20/3) lalu berupa sosis kaleng, sosis bungkus berbagai merek, karkas ayam, nugget ayam dan beras yang dipasok dari Timor Leste tanpa sertifikat kesehatan dari instansi berwenang Timor Leste.

“Total media pembawa hama penyakit hewan karantina (HPHK) dan organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK) yang kami musnahkan berupa sosis kaleng 20,3 kg, sosis bungkus 12 kg,  karkas ayam 14 kg, nugget ayam 1 kg dan beras 400 kg. Semua bahan pangan dan hewan yang kita musnahkan merupakan hasil pengamanan periode Maret 2018 sampai Maret 2019,” kata Benny.

Dijelaskan, upaya pemusnahan media pembawa (MP), merupakan pelanggaran Pasal 5 huruf a dan c Undanga-undang Nomor 16/1992 tentang Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan, karena tidak dilengkapi sertifikat kesehatan dari negara asal. Tidak hanya itu, pemilik barang tidak melakukan penolakan media pembawa sesuai aturan yang berlaku.

“Sesuai aturan seharusnya para pemilik barang mengajukan penolakan kepada kami, tapi sampai batas waktu yang ditentukan tidak ada penolakan, sehingga langkah terakhir kami lakukan pemusnahan,” kata Benny.

Menurutnya, langkah pemusnahan yang diambil sekaligus sebagai upaya meminimalisir kemungkinan terjadi risiko bagi hewan, tumbuhan/produknya antara lain seperti antrax, salmonela dan hama penyakit tumbuhan.

“Masalahnya kami belum punya incenerator, anggaran pemusnahan dan tidak bisa menghadirkan pemilik MP yang dimusnahkan. Karena itu kami usulkan untuk pengadaan incenerator, peningkatan anggaran pemusnahan dan perlu peningkatan  koordinasi sinergitas antar instansi terkait,” kata Benny. (ogi/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!