Sulsel Kekurangan 12 Ribu Komputer – Timor Express

Timor Express

NUSANTARA

Sulsel Kekurangan 12 Ribu Komputer

2020 Teratasi, Asal Siswa Tak Membeludak

MAKASSAR, TIMEX–Beberapa kepala sekolah di Sulsel memanfaatkan kunjungan Mendikbud RI, Muhadjir Effendy dengan mencurahkan isi hatinya mengenai kondisi pendidikan di wilayahnya. Mulai dari komputer yang terbatas hingga listrik yang tidak memadai.
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMA sudah dimulai, Senin (1/4). Sulsel termasuk salah satu daerah yang dianggap sukses karena mampu menggelarnya 100 persen dengan komputer. Meski sekolah harus meminjam laptop.

Maksimalnya pelaksanaan di hari pertama ini, menjawab keraguan Menteri Pendidikan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy yang datang berkunjung. Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini pun merasa senang.

“Saya senang. Ada semangat dari sekolah untuk mensukseskan UNBK. Meski mereka harus mencari dan meminjam komputer lain,” katanya. Ya. Masalah komputer memang menjadi salah satu dari dua jeritan hati para pelaku pendidikan di Sulsel.

Saat teleconference di ruang e-Panrita Disdik Sulsel, setelah memantau pelaksanaan ujian nasional di SMAN 21 Makassar, SMAN 6 Selayar menjadi sekolah pertama yang diajak komunikasi.

Kepala SMAN 6 Kabupaten Kepulauan Selayar, Akbar pun tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Dari layar LED TV yang menjadi media teleconfrence ia menyampaikan kondisi sekolahnya yang serba terbatas. Tetapi, mereka tetap menggelar UNBK.

“Karena listrik terbatas, kami hanya memakai genset. Konputer juga minim. Makanya kami ujian dengan tiga sesi sebagai solusi,” ungkapnya.

Keluhan yang sama datang dari SMAN 9 Takalar. Di sini, mereka hanya memiliki komputer 25 unit dengan jumlah siswa yang ratusan. Imbasnya, pihak sekolah harus meminjam laptop siswa dan guru untuk mengantisipasi kekurangannya.

Selain kepala sekolah, beberapa kepala daerah juga ikut berkomunikasi langsung dengan sang menteri. Di antaranya, Bupati Barru, Suardi Saleh dan Wakil Bupati Bantaeng, Sahabuddin. Keluhannya hampir sama dengan para kepala sekolah.

“Kami berharap ada bantuan dari Pak Menteri dan Pemprov Sulsel untuk memenuhi kebutuhan ini,” sebut Sahabuddin.

Banjir curhat, Muhadjir pun berjanji akan mengupayakan bantuan tersebut. Keluhan di Sulsel diakuinya hampir sama dengan beberapa daerah lainnya. “Dicatat dulu, ya,” kata Muhadjir merespons semua keluhan sekolah.

Menurutnya, kementerian pendidikan memiliki anggaran untuk pengadaan fasilitas komputer. Hanya saja anggarannya terbatas. Makanya ia ingin ada sharing dengan pemerintah provinsi soal tanggungan fasilitas tersebut.

“Kami harap swadaya sekolah dari komite. Kemudian memanfaatkan bantuan alumni, dari jalur komite sekolah. Selama sukarela, itu bukan termasuk pungutan, tetapi pungutan resmi,” bebernya.

Bisa juga memanfaatkan sumbangan dari alumni. Hal ini yang perlu diupayakan untuk dijadikan agenda agar bisa masuk dalam APBN. Paling tidak 2020. “Kemudian APBD juga bisa dimanfaatkan, untuk pengadaan tersebut,” jelasnya.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah akan join program dengan Mendikbud. 2020, mereka mengupayakan ada pengadaan komputer untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, ada standarisasi fasilitas dan lingkungan sekolah.

Ia pun menargetkan, 2020 tak ada lagi polemik mengenai komputer. “Kita sharing. Pak Menteri bantu berapa, provinsi berapa. Saya kira tinggal itu,” bebernya.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan, tahun ini, pelaksanaan UNBK lancar. Berbeda dengan tahun lalu. Di mana, peserta UNBK sudah menemui kendala saat akses tahap awal. Tahun ini, masalah itu teratasi.

Soal ketersediaan komputer, pihaknya segera menghitung kekurangan di SMA dan SMK. Berdasarkan kalkulasi awal, jumlahnya baru 12 ribu unit. “Ini menambah yang sudah ada. Kalau itu terpenuhi, tak ada lagi peminjaman sepanjang jumlah siswa tidak bertambah,” tambahnya. (*/jpg/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!