Timor Express

RAKYAT TIMOR

Wabup Siap Jadi Jaminan untuk Kadis PRKP

Lakalantas Libatkan Kadis dan Tewaskan Satu Orang

SOE, TIMEX – Wakil Bupati TTS, Army Konay siap menjadi jaminan bagi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kabupaten TTS, Jakob Benu yang saat ini ditahan Polres TTS akibat terlibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas), Rabu (3/4) sekira pukul 13.30 di Desa Benlutu Kecamatan Batu Putih.

Jakob Benu ditahan Polres TTS lantaran mobil Toyota Fortuner DH 2790 CA yang dikemudikannya bertabrakan dengan mobil Suzuki APV dikemudikan Meki Liu dan menyebabkan seorang anak kecil meninggal dunia.

Army Konay usai menemui Kasat Lantas Polres TTS, Iptu Wastoro menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya bayi saat lakalantas. Dikatakan, tujuan mendatangi Kasat Lantas untuk melihat kondisi Kadis PRKP yang dikabarkan mengalami sejumlah luka akibat tabrakan tersebut.

Selain itu, ia juga berkoordinasi dengan Kasat Lantas untuk mengajukan permohonan penangguhan penahanan terhadap Kadis PRKP. Hal itu dipandang perlu dilakukan karena saat ini tengah proses tender program dan kegiatan, sehingga jika Kadis PRKP ditahan, akan berdampak terhadap proses tender program dan kegiatan tahun 2019 pada Dinas PRKP Kabupaten TTS.

“Saya jadi jaminan untuk Kadis PRKP, bahwa dia tidak akan melarikan diri dari persoalan ini,” tutur Army.

Meski demikian, sebagai warga negara yang taat terhadap aturan tentu harus tunduk dan menghargai proses hukum yang berlaku. Karena itu, ia meminta kepada keluarga Kadis PRKP untuk melakukan pendekatan dengan keluarga korban untuk membangun koordinasi yang baik.

“Keluarga pak kadis harus melakukan pendekatan dengan keluarga korban, supaya bisa membangun komunikasi yang baik agar persoalan ini dapat diselesaikan secara baik tanpa melanggar aturan hukum yang berlaku,” katanya.

Ia mengimbau kepada pejabat di Kabupaten TTS agar tidak mengendarai kendaraan, namun menggunakan sopir. Hal itu dipandang perlu dikarenakan pejabat eselon II, III dan IV, beban kerjanya cukup menguras energi dan tenaga, sehingga ketika menyetir bisa saja tidak konsentrasi sehingga peluang terjadinya kecelakaan sangat tinggi. Hal itu juga telah diperingatkan berulang kali oleh Bupati TTS, Egusem Tahun agar para pejabat lingkup Pemkab TTS tidak diperkenankan menyetir mobil.

“Kejadian pak Jek Benu (Jakob Benu, red) menjadi pelajaran berharga untuk kita semua, terutama bagi pejabat di Kabupaten TTS yang masih suka menyetir sendiri. Pakai jasa sopir, sehingga perjalanan aman. Karena kalau pakai sopir, tentu secara fisik mereka lebih fit karena memang mereka kerja hanya untuk menyetir, bukan pikir ini dan itu sehingga energi mereka terkuras dan lelah,” terang Army.

Sementara, Kasat Lantas Polres TTS, Iptu Wastoro kepada wartawan mengatakan, sikap yang diambil dalam kejadian itu adalah mengamankan barang bukti dan mengamankan para pengendara di Mapolres TTS untuk diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Terkait permohonan penangguhan penahanan, tentu ada regulasi yang mengatur dan selagi itu terpenuhi, maka permohonan dapat dikabulkan, karena permohonan penangguhan merupakan hak yang diatur dalam regulasi. Sementara dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) diketahui bahwa mobil Toyota Fortuner yang dikemudikan Kadis PRKP melaju dari arah Batu Putih menuju SoE. Sesampainya di TKP, Kadis PRAP tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya yakni setelah menikung kanan, tidak mengembalikan setir sehingga mobilnya keluar jalur dan melaju menuju mobil travel Suzuki APV yang datang dari arah berlawanan sehingga tabrakanpun tidak terhindarkan.

“Ada enam penumpang di atas travel, tapi satu anak kecil berusia satu bulan yang dipangku ibunya di bagian depan yang meninggal, karena saat tabrakan terjadi, anak kecil itu terhempas dari pangkuan ibunya dan terbentur pada kaca bagian depan. Korban meninggal saat dalam perjalanan menuju RSUD SoE. Sedangkan lima orang lainnya mengalami luka-luka dan sekarang menjalani perawatan medis di RSUD SoE,” terang Wastoro. (yop/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!