Tingkat Kerawanan Terus Turun – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Tingkat Kerawanan Terus Turun

Keamanan Selama Pemilu Terjamin

JAKARTA, TIMEX–Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengingatkan bahwa agenda puncak pemilu serentak tahun ini tinggal hitungan hari. Guna memastikan pesta deomkrasi lima tahun sekali itu berjalan aman dan lancar, Wiranto menyebutkan aparat keamanan sudah mengeliminasi sejumlah potensi masalah yang sebelumnya bisa saja terjadi. Karena itu, dia meminta masyarakat tidak golput.

Keterangan tersebut dia sampaikan di Jakarta kemarin (8/4). Menurut Wiranto, perbedaan pilihan dalam pemilu adalah hal biasa. Hanya, jangan sampai menyebabkan pertengkaran. Apalagi membuat pemilik hak suara tidak memilih. ”Jangan sampai ada yang golput,” imbuhnya. Dia menyebut, memilih merupakan hak. Pilihan tersebut penting diambil karena bakal turut menentukan nasib Indonesia ke depan.

Wiranto mengakui, informasi tidak benar yang beredar di masyarakat sangat banyak. Khususnya yang terkait dengan masalah keamanan. Menurut pejabat asal Jogjakarta tersebut, informasi itu disebar untuk membikin masyarakat khawatir. Padahal, pemerintah sudah memberi jaminan. ”Bahkan pengerahan 600 ribu lebih prajurit Polri dan TNI,” imbuhnya. Semua sudah tergelar dan siap menjaga keamanan saat masyarakat memilih presiden maupun wakil rakyat.

Bahkan, sambung Wiranto, sejak jauh hari pemerintah dan aparat keamanan sudah memetakan potensi kerawanan melalui indeks kerawanan pemilu. Baik dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun Polri. ”Dan selama enam bulan sudah kami mencoba untuk menetralisir berbagai kerawanan di daerah yang berbeda-beda,” imbuhnya. Baik yang masih berada di dalam Pulau Jawa maupun di luar Jawa.

Upaya yang dilakukan untuk menetralisir beragam potensi kerawanan tersebut terus berjalan. Mantan panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) itu pun menyebutkan, saat ini persentasenya terus turun. ”Kami harapakan kerawanan itu di hari H (pencoblosan) sudah mendekati zero. Artinya apa? Aman,” kata dia menegaskan. Dengan jaminan tersebut dia berharap seluruh pemilik hak suara ikut serta memilih di TPS.

Lebih jauh, Wiranto menyampaikan bahwa dalam rapat koordinasi terkait dengan penyelenggaraan pemilu serentak yang dilaksanakan di kantornya setiap bulan, penyelenggara pemilu maupun aparat keamanan yakin betul coblosan bakal berlangsung aman dan lancar. ”Karena semua kelemahaan sudah berusaha kami tutup,” ucap dia. Sehingga ketika pencoblosan, masayarakat tinggal datang ke TPS untuk memilih.

Terkait dengan informasi banyak masyarakat yang bepergian ke luar negeri pada Rabu (17/4) yang notabene adalah hari pencoblosan, Wiranto mengakui jumlahnya tidak sedikit. Namun, sudah banyak pula yang kemudian batal bertolak ke luar negeri lantaran pemerintah terus meyakinkan mereka agar tidak khawatir terhadap isu-isu yang tidak benar. ”Dengan segala cara kami meyakinkan posisi keamanan ini,” ujarnya.

Sampai penyelenggaraan pemilu tuntas, pemerintah bersama aparat keamanan bakal memastikan tidak ada gangguan apa pun. Meski tensi politik memanas, semua diupayakan tetap terkendali. Dia pun memastikan kondisi itu tidak berpengaruh terhadap penyelenggaraan pemilu. ”Karena apa? Kelancaran ditunjang oleh penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu yang telah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik,” beber Wiranto. (syn/jpg/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!