Janji Hindari Politisasi BUMN – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Janji Hindari Politisasi BUMN

 

JAKARTA, TIMEX–Posisi badan usaha milik negara memiliki nilai strategis. Namun, keberadaannya tak luput dari indikasi intervensi politik. Calon wakil presiden Sandiaga Uno berkomitmen untuk mengembalikan BUMN sebagai badan profesional yang diisi orang-orang terbaik di bidangnya.

Janji itu diungkapkan Sandi saat beraudiensi dengan Federasi Serikat Pekerja Sinergi (FSPS) BUMN di Jakarta kemarin (10/4). FSPS BUMN yang diwakili Achmad Yunus menyampaikan sejumlah rekomendasi mereka terkait kontestasi pilpres. Namun, sebelum menyampaikan, Yunus menegaskan bahwa audiensi itu bukanlah dukungan politik kepada 02.

”Kami bukan dalam rangka dukungan. Aspirasi ini juga kami sampaikan ke TKN (Jokowi-Ma’ruf, Red) meski belum direspons. Bagi kami, netralitas adalah harga mati,” kata Yunus.

Yunus menyampaikan, FSPS BUMN menolak segala bentuk penggunaan segala sumber daya BUMN untuk kepentingan pilpres. Selain itu, FSPS menolak dengan tegas penempatan anggota atau personel timses, relawan, pada organ-organ direksi BUMN. ”Kami selalu menyuarakan ini setiap May Day,” kata Yunus.

Merespons hal itu, Sandi menilai apa yang disuarakan serikat BUMN merupakan perjuangannya di pilpres saat ini. Bersama Prabowo, sejak awal dia ingin BUMN menjadi benteng kukuh perekonomian Indonesia, bukan semata alat kekuasaan. ”Kalau kami diberi amanah, tolong kami juga selalu diingatkan. BUMN harus selalu dikelola dengan prinsip good corporation governance sehingga bisa menjadi world class company,” kata Sandi.

Terkait dengan fakta adanya sejumlah direksi BUMN yang tertangkap KPK, Sandi menilai perlu ada perbaikan. Jika direksi BUMN dipilih dari sosok terbaik, dia yakin kualitas dan profesionalisme BUMN juga akan meningkat. ”Soal kasus di KPK, (BUMN, Red) ini harus kita overhaul secara menyeluruh,” tegasnya. (bay/c10/fat/jpg/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!