Semua Pemilih di Oecusse Mencoblos – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Semua Pemilih di Oecusse Mencoblos

PEMILIHAN. Warga Indonesia yang berada di Distrik Oecusse (RDTL) saat melakukan pemungutan suara pemilihan presiden dan wakil presiden serta DPR RI yang bertempat di Kantor KBRI Oecusse, Rabu (10/4).

KBRI RDTL FOR TIMEX

Total DPT Timor Leste 4.027 Orang

OECUSSE, TIMEX-Saat ini, Pemilu di luar negeri sedang dilaksanakan. Termasuk di RDTL, khususnya Ditrik Oecusse yang menyelenggarakan, Rabu (10/4). Semua pemilih sebanyak 49 orang yang terdata dalam DPT menggunakan suaranya.

Seluruh surat suara yang dialokasikan untuk Kotak Suara Keliling Luar Negeri (KSK) Distrik Oecusse habis terpakai. Masing-masing 49 surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden dan 49 surat suara untuk pemilihan anggota DPR.

Tercatat 49 pemilih yang memilih pada KSKLN Distrik Oecusse terdiri dari 36 pemilih pria (75%) dan 13 pemilih perempuan (25%). Pemungutan suara bertempat di Kantor Penghubung KBRI Dili Distrik Oecusse yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi waktu setempat.

Pelaksanaan pemungutan suara KSKLN Distrik Oecusse disaksikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Timor-Leste, Sahat Sitorus, yang sedang berada di Distrik Oecusse untuk menghadiri undangan Pimpinan Daerah Distrik Oecusse, Dr. Mari Alkatiri. Duta Besar Sahat Sitorus menyampaikan harapannya agar pemungutan suara Distrik Oecusse berlangsung lancar dan seluruh pemilih dalam DPT menggunakan hak suaranya dengan baik.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Distrik Oecusse, Marya Onny Silaban, bersyukur kegiatan pemungutan suara tersebut terlaksana dengan baik. “Surat suara untuk Distrik Oecusse sangat terbatas, hanya 49 lembar sesuai dengan DPT dan tidak mendapat tambahan surat suara dari Pusat,” demikian disampaikan Ketua KPPSLN Distrik Oecusse Marya Onny Silaban.

Berdasarkan Peraturan KPU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU No 5 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019, jadwal pemungutan suara luar negeri pada distrik-distrik di Timor-Leste yang menggunakan Kotak Suara Keliling Luar Negeri (KSKLN) harus dilaksanakan antara tanggal 8 – 13 April 2019.

Timor-Leste memiliki 13 distrik yang mana 12 distrik di antaranya melakukan pemungutan suara luar negeri melalui 10 KSKLN, dan 1 distrik yaitu Dili, ibukota Timor-Leste, melakukan pemungutan suara di TPSLN. Kesepuluh KSKLN tersebut melakukan pemungutan suara antara tanggal 8 – 11 April 2019, sedangkan TPSLN Dili pada 13 April 2019.

Distrik Oecusse dengan KSKLN urutan 010 merupakan satu-satunya distrik di Timor-Leste yang bersifat enclave (kantong) –kawasan yang diapit oleh wilayah Indonesia khususnya kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki sekitar 300 WNI yang tercatat dan memiliki dokumen (documented citizen).

Lebih dari 50% WNI di Oecusse bekerja pada tiga BUMN infrastruktur yang sedang mengerjakan proyek infrastruktur jalan, jembatan dan bandara di Oecusse, yaitu PT Wijaya Karya, PT Waskita Karya dan PT Hutama Karya, serta bekerja sebagai buruh bangunan pada proyek pembangunan di Oecusse.

“Kami tidak memiliki banyak surat suara karena tidak semua WNI di sini tercatat pada DPT karena sebagian besar menyampaikan rencana mereka untuk mencoblos di Indonesia pada 17 April 2019 mendatang,” ujar Marya Onny Silaban.

Pada pemungutan suara ini, tiap pemilih memperoleh 2 (dua) surat suara terdiri dari 1 (satu) surat suara untuk memilih presiden dan wakil presiden, dan 1 (satu) surat suara untuk memilih anggota DPR. Ada 2 pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk dipilih, dan 105 orang calon anggota DPR untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta II (Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan) dari 20 partai politik untuk dipilih untuk memperebutkan 7 (tujuh) kursi di DPR.

Berdasarkan data dari PPLN Dili, jumlah pemilih di Timor-Leste yang tercatat dalam DPT adalah: 4.027 pemilih terdiri dari 3.410 tercatat dalam DPT TPSLN Dili dan 617 tercatat dalam DPT di 10 KSKLN di Timor-Leste.

Penghitungan surat suara untuk seluruh surat suara yang dicoblos di Timor-Leste akan dilakukan di TPSLN Dili di KBRI Dili pada hari Rabu, tanggal 17 April 2019, jam 15.00 waktu setempat. (mg26/ito)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!