Timor Express

ZETIZEN

Solusi Tepat Atasi Kulit Tas yang Terkikis

Bagi kaum hawa, tas merupakan benda kesayangan. Seorang perempuan bisa rela merogoh uangnya untuk membeli tas mahal dengan label ternama.

Sayangnya, meski mampu membeli tas branded, tak semua orang mampu juga merawat tas. Akibatnya, tas menjadi rusak dan tidak awet karena pemakaian yang ceroboh. Berbagai masalah pun muncul pada sisi-sisi tas. Dari mulai cat yang terkikis hingga pegangan (handling) tas yang rusak.

“Orang tuh menyangka tas kotor di bagian sudut-sudut. Ternyata sebenernya kikis. Menghitam karena catnya sudah terangkat.
Semua kembali ke pemakai. Mau tas semahal apapun kalau menggunakannya tak hati-hati tetap saja tasnya terkikis,” kata
Owner MaMit’s Laundry, Pramita Dwikustanti saat ditemui di ajang Irresistible Bazaar preloved branded & street wear 3-7 April 2019 booth B02 kepada JawaPos.com baru-baru ini.

MaMit’s Laundry yang juga digawangi dua milenial yakni Almira Praditha kelahiran tahun 1994 dan adiknya, Fadhila Armanda, kelahiran tahun 1995, punya solusi jitu. Ketika tas terkikis, maka saatnya tas harus di-retouch.

“Tas harus di-retouch. Umumnya tas terkikis terjadi di sudut-sudut. Tas kikis tak cepat-cepat di retouch nanti bisa semakin parah kerusakannya,” kata Pramita.

Menurutnya ada banyak faktor yang menbuat tas bisa terkikis. Pertama, karena pemakaian yang cenderung sembarangan saat meletakkan tas. Kedua, karena gesekan dengan tubuh sendiri atau dengan orang lain.

“Jadi catnya terangkat. Semua tergantung karakter orang. Ada orang yang asal jorok. Taruh di meja lalu pas mau diambil, tasnya ditarik bukan diangkat,” ungkapnya.

Tahapan Retouch Tas

Pertama, tas harus dispa, kemudian dipoles cat di bagian sudut-sudutnya. Lalu melewati tahapan coating.

Ketika seseorang membeli tas sebaiknya dilapisi dulu dengan teknik coating sebelum dipakai. Apalagi jika warna tas cukup terang agar warnanya tahan lama, sebaiknya dilakukan teknik coating untuk melapisi warnanya.

“Untuk melindungi kulitnya dilapisi coating agar tak terjadi transfer warna. Sehingga tak mudah terkikis atau tergesek-gesek. Coating adalah teknik melindungi cat sehingga tak mudah terkikis kembali,” tuturnya.

Harga retouch tas yang ditawarkan yakni mulai dari Rp 450 ribu tergantung dari kerusakan tas. MaMit’s Laundry biasa memperbaiki tas-tas apapun, paling banyak dari negara Eropa seperti Chanel, Prada, Louis Vuitton dan lainnya.

“Selama kulitnya tak rusak, maka masih bisa di-retouch. Namun jika kulitnya sudah sampai rusak berlubang, itu sudah sulit untuk di-retouch,” tutup Pramita. (jpc/rum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!