Satgas Yonmek 741/GN Amankan Paskah – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Satgas Yonmek 741/GN Amankan Paskah

AMANKAN. Personel Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Kompi Tempur I pos Nelu dan aparat kepolisian saat menjaga keamanan perayaan misa Paskah di Paroki Bakitolas.

PETRUS USBOKO/TIMEX

Libatkan Pemuda Katolik

KEFAMENANU, TIMEX – Personel Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Kompi Tempur I, siap menjaga keamanan perayaan Paskah bagi umat Kristen di sepanjang garis perbatasan antara RI-RDTL.

Beberapa tempat ibadat yang menjadi sasaran pengamanan personel Yonif Mekanis 741/GN diantaranya, Paroki Wini, Manamas, Bakitolas, Napan dan Paroki Oeolo (Haumeni Ana).

Dankipur I Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN, Lettu Inf Teguh Prasetyo kepada Timor Express, Senin (15/4) menuturkan, pihaknya bersama aparat kepolisian siap mengamankan misa perayaan hari raya Paskah yang dirayakan umat Kristen di daerah perbatasan.

Dikatakan, aparat yang dilibatkan dalam menjaga keamanan saat perayaan hari raya Paskah, sebagian besar umat muslim dan Hindu, namun tetap setia memberikan kenyamanan bagi umat Kristen dalam beribadat. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk sikap toleransi antarumat beragama yang harus dilakukan setiap warga negara Republik Indonesia.

“Kami ingin tunjukkan bahwa kita masih memiliki sikap toleransi antarumat beragama dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika masih tetap diamalkan kita sebagai warga negara Indonesia,” tuturnya.

Menurut Teguh, setiap pos di wilayah Kompi Tempur I telah diimbau untuk menjaga keamanan saat perayaan hari raya Paskah pada setiap tempat ibadat.

Dalam menjaga keamanan, pihaknya bekerja sama dengan pihak kepolisian dan orang muda Katolik (OMK). Pihaknya juga menggangdeng organisasi THS-THM dalam menjaga keamanan saat perayaan misa Paskah.

“Kita bekerja sama dengan pihak kepolisian dan OMK serta organisasi THS-THM,” jelasnya.

Terpisah, Kapolres TTU, AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto menuturkan, bentuk pengamanan saat perayaan Paskah berlangsung merupakan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan guna menjaga keamanan dan kenyamanan antarumat beragama dalam merayakan hari raya keagamaan.

Dikatakan, pihak kepolisian telah menyiapkan sejumlah personel yang disiagakan di setiap tempat ibadat untuk menjaga keamanan sekaligus memberikan rasa nyaman. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan seperti kejadian yang terjadi saat perayaan Paskah sebelumnya di beberapa gereja yang terjadi bom bunuh diri.

“Kita siagakan anggota untuk berjaga di setiap tempat ibadat yang dikoordinir langsung oleh perwira. Kegiatan pengamanan juga merupakan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan,” pungkasnya.

Sementara, Pastor Paroki Bakitolas, Pater Mikhael Rusae, SVD mengucapkan terima kasih kepada aparat TNI maupun kepolisian atas kerja samanya membantu mengamankan perayaan Paskah dan mendukung program gereja.

Menurutnya, keamanan merupakan tanggung jawab bersama yang harus dijaga setiap umat. “Saya sangat berterima kasih kepada aparat TNI dan juga kepolisian yang selalu siaga menjaga keamanan saat perayaan misa Paskah,” tutur Pastor Mikhael. (mg26/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!