Tips Atasi Jerawat Karena Ketidakseimbangan Hormonal – Timor Express

Timor Express

KESEHATAN

Tips Atasi Jerawat Karena Ketidakseimbangan Hormonal

Jerawat memang mengganggu penampilan. Jerawat bisa muncul karena polusi, bahan kimia dalam produk kecantikan hingga makanan. Atau bahkan jerawat bisa menghampiri wajah cantik Anda karena ketidakseimbangan hormon.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk menghalau jerawat karena hormon?

Untuk mengontrol jerawat, Anda bisa mulai dengan mengontrol atau membatasi makanan tertentu. Tentunya dibarengi dengan gaya hidup sehat. Berikut lima langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat hormonal.

1. Kurangi Produk Susu

Mengurangi produk susu membantu mengatasi jerawat. Biasanya diperlukan waktu selama enam minggu tanpa mengkonsumsi susu untuk melihat hasilnya. Anda dapat mengganti susu krim Anda dengan susu almond.

2. Konsumsilah Makanan Hormon Sehat

Makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti roti putih, makanan olahan, pasta, dan minuman manis juga telah dikaitkan dengan jerawat dan harus dihindari. Makanan-makanan ini meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan kadar insulin, yang menyebabkan kulit Anda memproduksi lebih banyak minyak.

Bisa perbanyak konsumsi seng dan vitamin A lewat makanan seperti ubi jalar, brokoli, tiram, dan biji labu. Tidak hanya dapat memberi makan kulit Anda, tetapi juga membantu sistem kekebalan tubuh serta membersihkan organisme yang berkontribusi pada jerawat.

3. Konsumsi Biji-bijian Saat Menstruasi

Praktik makan biji tertentu akan mendukung keseimbangan hormon melalui seluruh siklus menstruasi Anda. Selama hari pertama haid hingga ovulasi, Anda dapat memakan satu hingga dua sendok makan biji rami segar dan biji labu mentah, yang mendukung produksi estrogen dan metabolisme.

Setelah ovulasi, Anda beralih ke satu hingga dua sendok makan masing-masing biji bunga matahari dan wijen. Biji ini mendukung kadar progesteron, yang merupakan hormon utama selama fase luteal (fase setelah ovulasi hingga periode berikutnya).

4. Kurangi Stres

Para peneliti menemukan hubungan antara stres dan jerawat yang berdatangan. Secara teoritis, mengurangi stres dalam hidup Anda bisa mencegah jerawat.

5. Hindari Bahan Kimia Tertentu

Ada bahan perawatan kulit tertentu yang diyakini memengaruhi aktivitas hormon. Seperti mengandung BPA, eter glikol, dan ftalat. Dalam kasus ini, perawatan kulit Anda sebenarnya bisa membuat jerawat hormon Anda lebih buruk.(jpc/rum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!