PSI-Perindo Berjaya di Dapil 1 – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

PSI-Perindo Berjaya di Dapil 1

Caleg Provinsi
Golkar Menuju 24 Ribu Suara

KUPANG, TIMEX – Proses penghitungan suara pemilihan legislatif di tingkat kecamatan telah dimulai. Meski demikian, sejumlah partai politik sudah memiliki catatan perolehan suara sementara untuk para calon legislatifnya.

Khusus daerah pemilihan 1 untuk DPRD NTT yang meliputi wilayah Kota Kupang, perburuan enam kursi sudah dimulai. Tidak hanya partai lama atau petahana. Ada dua parpol yang ikut bersaing merebut kursi ke DPRD NTT, yakni PSI dan Partai Perindo.
Kedua partai tersebut sama-sama mengoleksi suara lebih dari 10.000 berdasarkan hitungan sementara internal. Ketua DPW Perindo NTT, Jonathan Nubatonis yang dikonfirmasi terkait data tersebut mengakui, koleksi suara tersebut masih bersifat sementara. “Tapi kita masih kawal penghitungan di tingkat kecamatan, baru bisa pasti berapa suara,” kata Jonathan.

Partai Perindo, kata Jonathan, berpotensi meraih kursi di sejumlah kabupaten. Bahkan menurut Jonathan, Perindo dipastikan meraih pimpinan di DPRD Rote Ndao. Di DPRD Kota Kupang sudah dipastikan Perindo mengirim wakilnya.

Partai baru dengan trend milenial, PSI pun tidak mau kalah. Ketua PSI NTT, Chris Widodo yang bersaing di dapil 1 DPRD NTT juga meraih suara signifikan. Sudah lebih dari 10.000 suara.

Namun, Chris yang juga Ketua HIPMI Kota Kupang itu belum mau mendahului penghitungan resmi dari penyelenggara. Menurut dia, data sementaranya masih dalam proses hitung. Sehingga dia mengaku masih tetap menunggu perhitungan oleh KPU.
Dapil 1 DPRD NTT periode sebelumnya diduduki enam wakil dari enam parpol berbeda, yakni Nasdem, Golkar, PDIP, Hanura, Gerindra dan Demokrat. Dari enam orang, hanya dua orang yang maju kembali, yakni dari Partai Golkar dan Demokrat.
Partai Golkar sendiri sudah memastikan satu kursi untuk dapil tersebut. Ketua DPD II Golkar Kota Kupang, Jonas Salean yang juga caleg nomor 1 mengakui hal tersebut.

Jonas jelaskan, meski belum menghitung keseluruhan TPS, namun pihaknya sudah meraih akumulasi suara hampir 24.000 suara. “Saya sendiri sudah sekira 16.000. Masih ada kemungkinan tambah lagi karena belum semua C1 kita dapat. Hitung di tingkat kecamatan baru bisa kita pastikan,” jelas mantan Wali Kota Kupang itu.

Sementara Sekretaris DPD PDIP NTT, Nelson Matara yang dikonfirmasi terpisah menyebutkan, hingga saat ini PDIP baru mengumpulkan suara sekira 6.000 untuk dapil 1 tersebut.

Informasi lain menyebutkan, Partai Nasdem juga bertengger di papan atas perolehan suara dapil 1. Nasdem juga dipastikan mengirim wakil ke DPRD NTT melalui dapil tersebut. Sayang, Ketua DPW Nasdem NTT, Ray Fernandes yang dikonfirmasi belum tersambung.
Terpisah, Sekretaris DPW PAN Provinsi NTT, Marthen Lenggu mengatakan PAN optimistis bisa menyumbang satu kursi per dapil. Bahkan khusus dapil 4, meliputi wilayah Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur, PAN berpeluang besar merebut dua kursi. “Target kita memang 9 kursi untuk DPRD Provinsi NTT. Masing-masing dapil satu kursi. Dari Manggarai dua kursi,” kata Marthen.

Namun Marthen menegaskan pihaknya masih menunggu hasil pleno di tiap kecamatan yang berlangsung 22 April-4 Mei mendatang. (cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!