PAN Optimis Dua Kursi DPR RI – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

PAN Optimis Dua Kursi DPR RI

Data Sementara Real Count KPU Belum jadi Acuan

KUPANG, TIMEX – Hingga malam tadi, KPU RI telah merilis real count perolehan suara Pemilu 2019. Untuk DPR RI Dapil NTT I dan II masing-masing 30,8 persen dan 43,4 persen dari total TPS. Partai Amanat Nasional (PAN) optimistis memperoleh masing-masing satu kursi di dua Dapil ini.

Hal ini dikatakan Ketua DPW PAN NTT Awang Notoprawiro kepada koran ini, Senin kemarin ketika dikonfirmasi mengenai perolehan suara sementara PAN sesuai hasil real count KPU. “PAN optimis dapat dua kursi untuk DPR RI masing-masing Dapil NTT I satu kursi dan Dapil NTT II satu kursi,” jelas Awang.

Ditanya alasan keyakinannya tersebut, Awang yang juga caleg dengan perolehen suara tertinggi dari PAN untuk Dapil NTT II ini mengatakan, PAN punya data internal yang sudah jauh lebih maju dari real count yang dirilis KPU hingga malam tadi. “Data kita sudah di atas data yang dirilis KPU. Sehingga kita optimis dengan raihan kursi DPR RI ini,” jelas Awang. Selain itu, suara PAN di Kota Kupang meningkat sangat signifikan dalam Pemilu kali ini. Sehingga dirinya yakin kenaikan juga di daerah lain di NTT.

Ditanya jumlah suara sementara yang dimiliki PAN, Awang menjawab diplomatis. “Yang pasti sesuai metode penghitungan yang baru yakni Sainte Lague, PAN aman meraih satu kursi di Dapil I dan Dapil II,” jelas Awang.

Sesuai rilis dari KPU hingga pukul 21.00 malam tadi, di Dapil I, data yang masuk sudah mencapai 30,8 persen. PAN memperoleh total suara 19.183 atau berada di urutan ketujuh parpol peraih suara terbanyak di Flores. Di Dapil ini total kursi adalah enam. Sementara di Dapil II pada jam yang sama dengan data 43,4 persen TPS yang masuk, PAN memperoleh total suara 25.542 suara dan berada di peringkat ketujuh. Di Dapil NTT 2 total kursi DPR RI sebanyak tujuh kursi.

Awang berkeyakinan saat penghitungan final nanti, PAN akan meraih kursi. Keyakinan ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, sebelum pelaksanaan Pemilu, PAN diprediksi tidak lolos parliamentary threshold (PT). Ternyata hasil QC, PAN lolos PT. Bahkan lebih dari 6 persen dari prediksi awal hanya 3 persen.

Karena itu, Awang mengimbau pengurus, kader dan pendukung PAN di seluruh NTT untuk mengawal proses penghitungan dan rekapitulasi suara di setiap tingkatan. “Harus dikawal sehingga prosesnya berjalan dengan lancar, aman, jujur dan adil untuk memastikan suara rakyat tidak ada yang disalahgunakan,” tegas Awang.

Mengenai Caleg yang berpeluang lolos untuk Dapil I NTT sejauh pemantauan koran ini ada dua orang yakni Ahmad Yohan dan Christian Rotok. Perolehan suara sementara keduanya masih bersaing. Sementara untuk Dapil NTT II, Awang Notoprawiro paling berpeluang karena suaranya tak terkejar Caleg lainnya.

Pada kesempatan itu, Awang juga memberi apresiasi kepada penyelenggara dan aparat keamanan atas pelaksanaan pemungutan suara di NTT, termasuk pelaksanaan PSU yang telah dilaksanakan dengan baik. Namun, prosesnya belum berakhir. Sehingga Awang meminta penyelenggara untuk tetap fokus melaksanakan setiap tahapan pemilu dengan baik. (ito/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!