Program Pemda Harus Selaras Pempus – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Program Pemda Harus Selaras Pempus

Pemprov NTT Gelar Musrenbang

KUPANG, TIMEX-Perencanaan dan program pemerintah daerah kabupaten/kota dan provinsi harus selaras dengan pemerintah pusat. Dan, untuk mencapai hal itu, harus ada sinergi antar semua pihak untuk membangun sebuah kolaborasi menuju pembangunan yang berkelanjutan.

Demikian dikatakan Asisten Administrasi Umum Sekda NTT, COsmas Lana saat membuka kegiatan pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrembang RKPD) tahun 2020 di Swiss Belinn Kristal Hotel Kupang, Rabu (2/5).

“Dibutuhkan keterlibatan dan kerja sama seluruh pelaku pembangunan. Baik pemerintah, swasta, masyarakat. Termasuk lembaga mitra dalam skema kolaborasi untuk mendukung berbagai kebijakan, program dan kegiatan yang akan dilakukan,” kata Cosmas dalam acara yang dihadiri 22 kabupaten/kota itu.

Cosmas katakan, musrembang 2020 sebagai pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2018-2023 menjadi rencana kerja setiap tahun. RPJMD juga sebagai pedoman untuk penyusunan KUA-PPAS dan APBD tahun 2020.

Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTT itu mengatakan, tema RKPD tahun 2020 dengan prioritas daerah peningkatan kualitas SDM, melalui akses dan mutu pelayanan dasar. Pengembangan pariwisata sebagai penggerak utama ekonomi berbasis masyarakat, meliputi pengentasan kemiskinan dan stunting, peningkatan pendapatan masyarakat.

Pemerintah juga mendorong pembangunan yang tetap mengedepankan kelestarian lingkungan hidup dan taman nasional. Pembangunan pariwisata dan industri pariwisata, infrastruktur dasar, jalan, air, energi dan transportasi, aksesibilitas dan kualitas pendidikan dan kesehatan dan reformasi birokrasi.

Pelaksana tugas (Plt) Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi NTT, Lucky Koli mengatakan, Musrembang selalu dilakukan secara bertahap. Tujuannya untuk memperolah usulan dan rencana pembangunan daerah dan nasional sesuai skala prioritas pembangunan. Disesuaikan dengan arah kebijakan guna pencapaian target pembangunan daerah dan nasional.

Lucky katakan, prioritas pembangunan selalu diutamakan dalam menentukan kualitas berdasarkan hasil Musrembang dengan mengoptimalisasikan sumber daya yang bersumber dari APBD, APBN dan sumber-sumber lain. Pemerintah daerah dan pusat untuk menciptakan perencanaan yang selaras. Usulan rencana pembangunan dapat disinkronkan dengan penentuan lokasi prioritas dan berbasis data terpadu.

“Perlu inovasi dan optimalisasi upaya pencapaian target pembangunan melalui keterlibatan dan kerja sama seluruh stakeholder, baik pemerintah dan swasta dalam mendukung berbagai kebijakan dan program,” kata Lucky.

RKPD, kata dia mempunyai fungsi pokok sebagai acuan bagi seluruh pelaku pembangunan dalam menjabarkan seluruh kebijakan publik. Pedoman dalam menyusun APBD sesuai arah kebijakan pembangunan daerah satu tahun dan jaminan kepastian kebijakan sebagai wujud nyata komitmen pemerintah dalam melaksanakan pembangunan daerah.

Masih menurut dia, Musrembang itu untuk menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah provinsi dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional. Juga usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kabupaten/kota. Mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah provinsi pada musrenbang RKPD kabupaten/kota.

Dia tambahkan, Musrembang juga untuk mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan pembangunan provinsi, dan menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaannya.

Selain isu kemiskinan, isu strategis lain yang dibahas adalah indeks pembangunan manusia (IPM) NTT yang masih rendah, kualitas dan aksesibilitas pendidikan dan kesehatan. Termasuk rendahnya kualitas hidup dan peran perempuan, pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dan kualitas, dan cakupan pelayanan infrastruktur.
Musrenbang tersebut akan berakhir Sabtu (4/5) dan dijadwalkan akan dihadiri pada bupati/wali kota se-NTT.(cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!