Timor Express

NASIONAL

Hilda dan Angelius Paling Menonjol

Calon DPD RI
Tinggal Empat Kabupaten Lagi

KUPANG, TIMEX – Hingga Rabu (8/5), sudah 18 kabupaten selesai melakukan pleno rekapitulasi penghitungan suara. Berdasarkan data itu, untuk calon anggota DPD RI, setidaknya terdapat dua nama paling menonjol.

Kedua nama itu adalah Hilda Manafe, istri Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore. Selain itu, ada nama Angelius Wake Kako. Keduanya sama-sama mengumpulkan suara di atas 150 ribu (lihat grafis). Masih empat daerah yang belum ada hasil plenonya, yakni Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Sumba Barat Daya dan Alor.

Berdasarkan data hasil pleno 18 kabupaten, Hilda Manafe menempati peringkat pertama perolehan suara. Total ia mengumpulkan 155.071 suara. Sedangkan Angelius mendapat 152.641 suara. Hilda tercatat menang di Kabupaten Kupang, Sabu Raijua dan TTS. Di Kabupaten Kupang, Hilda mengumpulkan 30.572 suara. Sedangkan di TTS mendapat 39.079 suara dan di Sabu Raijua 11.600 suara.
Sementara Angelius menang telak di Ende yakni 61.729 suara. Angelius juga mendapat suara signifikan di Kabupaten Sikka dan Nagekeo.

Tiga calon yang juga mendapat suara signifikan di bawah Hilda dan Angelius, yakni Abraham Paul Liyanto 116.549 suara, Asyera Wundalero 116.079 suara dan Martinus Siki 110.113 suara. Calon-calon lain masih di bawah angka 100 ribu.

Jefri Riwu Kore kepada Timor Express mengatakan dirinya yakin sang istri mendapat kursi pertama. Pasalnya, masih ada beberapa kabupaten yang belum selesai pleno. Kota Kupang dan Alor misalnya, Hilda menang di dua kabupaten ini dengan angka signifikan. Namun belum diplenokan baik di tingkat kabupaten. Di Kota Kupang, berdasarkan data formulir C-1, Hilda mendapat 31.361 suara. Kemudian di Alor juga menang dengan angka 21.005 suara. “Di SBD juga dapat 11 ribu lebih,” sebut Jefri.

Ia menargetkan total perolehan suara bisa mencapai 225.493 suara. Namun, pada pleno di beberapa kabupaten ada pengurangan suara, sehingga ditargetkan hanya 220 ribu suara. “Ada yang kurang hampir seribu suara ketika pleno, jadi mungkin total akhirnya 220 ribu,” kata Jefri.

Nasdem Terus Melaju

Perebutan kursi DPR RI dari dapil II mulai mengerucut. Partai Nasdem untuk sementara meraih dua kursi. Namun, PDIP juga mulai membuka peluang karena berdasarkan hasil pleno tingkat kabupaten, suaranya cukup signifikan.

Perubahan kursi masih bisa terjadi, khususnya di kursi keenam atau kursi ketujuh. Saat ini kursi keenam dihuni Partai Gerindra. Sedangkan kursi ketujuh milik Partai Nasdem. Namun, jika PDIP terus menanjak maka bisa mengambil alih kursi ketujuh, dan Nasdem naik ke kursi keenam. Sebaliknya, Partai Gerindra bisa kehilangan kursi. (sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!