Timor Express

PENDIDIKAN

Jawab Tuntutan Dudi, PNK Gelar Uji Kompetensi

PENGALUNGAN.Direktur Politeknik Negeri Kupang, Nonce Farida Turati saat mengalungkan kartu peserta sebagai tanda pembukaan uji kompetensi di Auditorium PNK, Kamis (9/5)

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

KUPANG, TIMEX – Politeknik Negeri Kupang (PNK) kembali menyelenggarakan uji kompetensi bagi 129 mahasiswanya. Ujian tersebut sebagai bagian untuk meningkatkan kompetensi agar mampu menjawab tuntutan dari dunia industri (Dudi) saat ini.

Ujian tersebut dilakukan sebanyak 2 skema utama, yakni pelaksana lapangan dan pengawas pekerjaan bangunan dan gedung. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium PNK selama sembilan hari, sejak 9-17 Mei 2019.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi LSP PNK Kupang, Nikson Fallo mengatakan, sertifikasi uji kompetensi memiliki dua manfaat penting bagi lulusan PNK pada jurusan teknik sipil, yakni meningkatkan kualitas dan kapasitas lulusan serta lulusan mampu bersaing di pasar kerja. “Kita mau tingkatkan kualitas lulusan dan daya saing di pasar kerja” ujar Nikson.

Dia mengatakan, uji kompetensi ini diikuti 129 asesi (peserta/mahasiswa) yang terbagi dalam dua skema, yakni pengawas bangunan gedung sebanyak 80 asesi dan skema pelaksana bangunan gedung sebanyak 49 mahasiswa.

Pada 9 Mei 2019 dilakukan ujian tertulis secara serentak di Auditorium PNK. Sedangkan ujian praktek atau demonstrasi dilalukan secara bergiliran di Laboratorium Konstruksi Jurusan Teknik Sipil pada 10-17 Mei 2019

Terdapat 13 Assesor (penguji) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang terdaftar di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 PNK yang akan menguji 129 mahasiswa.

Sementara Direktur Politeknik Negeri Kupang, Nonce Farida Tuati mengatakan kegiatan sertifikasi kompetensi mahasiswa sangat penting bagi perkembangan perguruan tinggi dan demi menghasilkan lulusan yang berkompeten. “Selain butuh ijazah, lulusan juga harus punya sertifikat kompetensi. Sertifikat sangat penting untuk bekerja di era 4.0,” tegasnya.

Di dunia kerja sekarang, sertifikat ini berguna untuk menunjukkan keahlian setiap lulusan. Dirinya mengakui, kegiatan ini dibiayai Dirjen kelembagaan Perguruan Tinggi, sehingga para mahasiswa dapat mengikutinya secara gratis.
Politeknik Negeri Kupang sudah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi P1 PNK. Sehingga bisa dilaksanakan ujian kompetensi dan pelatihan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kupang, Jhoni Nomseo mewakili Pemerintah Kabupaten Kupang mengatakan, lulusan PNK sangat dibutuhkan untuk tenaga-tenaga ahli khususnya di bidang konstruksi.

“Kami di Dinas PU Kabupaten Kupang ada beberapa pejabat yang output dari Politeknik Negeri Kupang dan mereka menunjukkan kinerjanya yang baik. Ini merupakan satu kebanggaan,” kata dia.

Sampai saat ini, dalam pekerjaannya, dia didukung tenaga-tenaga ahli yang luar biasa dari PNK yang bertugas di lembaga yang dipimpinnya. “Cintailah lembaga ini karena di lingkungan kerja kami siap menerima tenaga-tenaga ahli seperti kalian,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Tim Ahli Program Revitaslisasi Pendidikan Tinggi Vokasi Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti, Dindin Sulaeman mengatakan semua mahasiswa yang lulus perlu dibekali dengan surat keterangan pendamping ijazah.

Menurutnya, Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi mengadakan project beasiswa sertifikasi uji kompetensi mahasiswa. Tujuannya, sebagaimana sudah disebutkan, supaya mahasiswa yang lulus mendapatkan sertifikat kompetensi selain ijazah. Regulasi ini, tambahnya, juga sudah diamanatkan di dalam surat Keputusan Kemenristekdikti.

Mahasiswa yang bisa mengikuti juga minimal lulus di setelah semester 4 untuk D3 dan semester 7 untuk D-4. Selain itu, Indeks Kumulatif Prestasi (IPK) juga harus di atas 2,75. Setidaknya ada 40 perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan beasiswa ini.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!