Nining, Dulu Anggota Bhayangkari, Kini Politikus – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Nining, Dulu Anggota Bhayangkari, Kini Politikus

Para Srikandi Kota yang Melenggang ke Gedung Rakyat

Sebanyak delapan dari 40 calon anggota DPRD Kota Kupang yang terpilih dalam Pemilu 2019 adalah perempuan. Meningkat 100 persen dari Pemilu sebelumnya. Siapa saja mereka?

FENTI ANIN, Kupang

Setidaknya butuh 18 hari untuk mengetahui siapa saja yang sukses meraih kursi di DPRD Kota Kupang. Pelaksanaan pleno di tingkat kecamatan memakan waktu cukup panjang. Pemilu kali ini memang sangat melelahkan. Tak hanya para pemilih yang menanti kepastian tentang caleg dukungannya. Para caleg juga tampak cemas menanti penghitungan di tingkat kecamatan.

Bahkan, prosesnya sering molor karena harus membuka kembali kotak suara untuk menghitung ulang surat suara yang tercoblos. Dari pagi hingga hampir pagi proses ini berjalan setiap hari.

Walaupun KPU Kota Kupang belum menetapkan siapa-siapa saja yang secara resmi terpilih menjadi anggota DPRD Kota Kupang periode 2019-2024, namun berdasarkan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, sudah bisa diketahui nama-nama 40 orang yang lolos ke gedung dewan.
Luar biasanya, dari 40 orang itu, delapan di antaranya adalah perempuan. Delapan orang itu, yakni Dominika Bethan (PDIP), Esy Bire (Nasdem), Ayu Witari P. Tallo (Gerindra), Maudy Dengah (Demokrat), Anatji Ratu Kitu dan Theodora E. Taek (PKB), Diana Bire (Hanura) dan Nining Basalamah (PPP). Pada pemilu 2014 lalu, hanya empat yang terpilih. Kemudian, pada Pemilu 2019, hanya dua orang yang kembali mencalonkan diri, yakni Theodora Ewalde Taek dan Maudy Dengah. Keduanya terpilih kembali. Sedangkan dua lainnya, yakni Agnes Hayon (PAN) dan Jenly Ndaumanu (Demokrat) tidak mencalonkan diri.

Theodora Ewalde Taek, caleg terpilih dari Dapil II (Kecamatan Kelapa Lima dan Kota Lama) mengaku selama lima tahun menjadi wakil rakyat dia sudah banyak berbuat dan memahami mekanisme yang ada di DPRD maupun pemerintah sebagai mitra kerja. “Kesempatan yang diberikan masyarakat kepada saya merupakan sebuah amanah dan kepercayaan. Momen ini juga sebagai kesempatan untuk menjalankan berbagai pekerjaan yang belum dilaksanakan pada periode sebelumnya,” katanya.

Ewalde mengaku harus bertanggung jawab atas amanah yang diberikan masyarakat kepada diirinya dengan tetap menjalankan tugas sebagai wakil rakyat dengan tagline “Ada untuk Rakyat.”

Sementara itu, Nining Salmawati Basalamah, politisi pendatang baru asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang juga dari Dapil II berhasil duduk di kursi DPRD Kota Kupang setelah mengalahkan incumbent Abidin Aklis. Nining sendiri berhasil meraih 1.181 suara. Unggul atas caleg-caleg lainnya. Ia datang dari latar belakang sebagai anggota Bhayangkari Polda NTT. Ia sangat aktif mengikuti berbagai kegiatan organisasi. Namun, akhirnya Nining memilih menjadi politisi untuk mengawal pembangunan daerah Kota Kupang dan memperjuangkan hak-hak rakyat, khususnya perempuan.

Istri Kasat Reskrim TTU ini, mengaku mempunyai pengalaman berharga yang mengantarkannya untuk memilih menjadi seorang politisi. “Saya pernah mengalami pengalaman, dimana karena penanganan medis terlambat sehingga bayi meninggal dan ini terjadi di salah satu rumah sakit di Kota Kupang. Tentunya hal ini membawa banyak pelajaran berharga bagi saya. Dan saya tidak ingin kejadian ini terjadi atau dialami lagi oleh masyarakat,” terangnya.

Nining mengaku memiliki motivasi untuk memperjuangakan kesetaraan gender, kesetaraan perempuan dan laki-laki. Juga fokus pada permasalahan kesehatan dan pendidikan, pekerja anak, dan masalah sosial lainnya. “Saya mau mengubah paradigma terhadap rumah sakit agar SOP-nya sesuai dengan standar yang ada. Juga termasuk sarana prasarana yang ada di sekolah-sekolah agar semua sekolah mendapatkan perhatian yang sama dari pemerintah,” terangnya.

Saat sosialisasi di masyarakat, kata Nining, dirinya banyak mendengar pengeluhan masyarakat tentang sarana prasarana yang ada di sekolah anak-anak mereka. “Tentu saya harus banyak belajar untuk dapat mengerti bagaimana dinamika yang ada agar kehadiran saya di kursi DPRD Kota Kupang bisa membawa manfaat dan membawa berkat bagi masyarakat luas,” ujarnya. (*/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!