Timor Express

KESEHATAN

Penyebab Rambut Beruban Lebih Cepat

ILUSTRASI RAMBUT BERUBAN

Rambut beruban ketika usia sudah tua itu hal yang lumrah. Hanya saja, jika kondisi ini terjadi pada mereka yang berusia muda – misalnya di usia 20-an – tentu memunculkan sejumlah pertanyaan.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, uban atau rambut putih timbul jika rambut kekurangan melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna pada rambut. Disebut ubanan lebih awal jika seseorang memiliki rambut putih ketika masih 20 tahun (untuk orang kulit putih) dan 30 tahun (untuk orang Asia dan Afrika).

Alasan rambut beruban lebih cepat
Rambut beruban lebih cepat bisa disebabkan beberapa hal. Beberapa kondisi kesehatan di bawah ini perlu menjadi perhatian Anda:

1. Masalah autoimun

Penyakit autoimun kulit yang disebut alopecia areata dapat menyebabkan rambut menjadi beruban. Sebagaimana dijelaskan oleh National Alopecia Areata Foundation (NAAF), orang-orang dengan kondisi ini mengembangkan bercak-bercak kecil, bulat, dan halus di kulit kepala, dan mereka dapat sepenuhnya kehilangan rambut di kepala atau tubuh mereka.

“Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh Anda menyerang folikel rambut Anda, membuat rambut Anda rontok. Ketika tumbuh kembali, rambut tumbuh berwarna putih,” jelas Dr. Day, profesor dermatologi di New York University.

2. Lingkungan tercemar

Menurut Library of Congress, polutan dan racun dapat menyebabkan rambut Anda lebih cepat beruban. Bahan kimia dari polutan dan racun menghasilkan radikal bebas yang merusak produksi melanin dan mempercepat penuaan rambut.

3. Stres

Hubungan antara rambut beruban lebih cepat dengan stres masih diperdebatkan oleh para ahli sampai sekarang ini. Namun, Dr. Day berpendapat bahwa stres akan mempercepat itu semua, apalagi yang memiliki riwayat genetik cepat beruban.

Artinya, jika Anda tidak memiliki keturunan cepat beruban, stres tidak akan mengubah rambut Anda menjadi putih. Tetapi, jika Anda punya keturunan beruban lebih cepat, stres dapat membuat rambut Anda menjadi lebih cepat putih.

4. Terpapar asap rokok

Paparan asap rokok bisa memengaruhi warna rambut Anda. Penelitian yang diterbitkan pada 2013 menemukan bahwa perokok memiliki peluang 2,5 kali lebih besar untuk beruban dini, kemungkinan karena jumlah besar radikal bebas yang dihasilkan oleh rokok.

Sementara, menurut dr. Karin, merokok disinyalir dapat membuat usia biologis tampak lebih tua dibandingkan dengan usia sebenarnya.

“Oleh karena itu, bukan hanya uban, merokok juga sebabkan wajah, metabolisme, dan fisik secara keseluruhan lebih tua dari usia yang sebenarnya,” ujarnya.

5. Hormon berubah

Rambut Anda dapat berubah dari waktu ke waktu terkait tekstur, kepadatan, dan tentu saja warna.

“Proses ini paling terlihat ketika Anda berusia 30 tahun. Itulah usia ketika orang mulai datang dan mengeluh tentang masalah ini,” kata Dr. Day.

Para ahli masih berusaha memahami dengan tepat bagaimana hormon (seperti estrogen, progesteron, dan kortisol) memengaruhi kulit yang mulai memutih.

Beberapa kondisi di atas merupakan penyebab rambut beruban. Jika usia Anda memang sudah menunjukkan waktunya terjadi perubahan pada rambut Anda, tidak perlu risau. Namun ketika usia Anda masih berada di kisaran 20-30 tahun dan rambut kelabu sudah memenuhi kepala Anda, perlu waspada.

Jangan-jangan ada gangguan kesehatan yang tengah mengintai. Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penganganan yang tepat. (MS/RVS/klikdokter/jpg/ito)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!