SMKN 3 Kupang Pertahankan Juara – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

SMKN 3 Kupang Pertahankan Juara

JUARA.Sekdis Pendidikan dan Kebudayan NTT, Aloysius Min dan Kabid Dikmen, Pius Rasi pose bersama para juara usai menyerahkan piala di panggung utama Alun-alun I.H Doko, Kamis (9/5)

NTHO HERISON TIHU/TIMEX

Gebyar SMK Tahun 2019

KUPANG, TIMEX-Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kupang kembali terpilih sebagai juara pada Gebyar SMK 2019 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT.

Hasil yang ditetapkan melalui surat keputusan (SK) kepala dinas pendidikan dan kebudayaan NTT itu diumumkan di panggung utama Alun-alun I.H Doko, Kamis (9/5) malam.

Ribuan masyarakat dan para peserta yang hadir sebelumnya dihibur oleh para penari, penyanyi dan juga stand up comedy. Hadir dalam kesempatan tersebut para kepala SMK dan juga Kabid Dikmen, Pius Rasi dan Sekdis Pendidikan dan Kebudayan NTT, Aloysius Min.

Gebyar SMK 2019 berlangsung sejak tanggal 6 Mei dengan dua kategori lomba, yakni kelompok teknologi dan non teknologi.

Lomba dinilai oleh tiga orang dewan juri. Untuk Kategori Non Teknologi, SMKN 3 Kota Kupang keluar sebagai juara I dengan perolehan nilai 85.07, disusul juara II SMKN 1 Kupang dengan perolehan nilai 79.45. Juara II SMK Kencana Sakti Kupang dengan nilai 78.28. Sementara harapan I diraih SMK Kusuma Atambua dengan nilai 76.17, lalu harapan II SMK Kencana Sakti Haumeni Soe dengan nilai 72.60, dan harapan III SMK Tiara Nusa Borong.

Sementara kategori Teknologi, SMKN 6 Kupang keluar sebagai juara I dengan nilai 88.53 disusul juara II SMKN 2 Kupang dengan perolehan nilai 87.30. Juara III SUPM Kupang dengan nilai 87.25. Sedangkan untuk harapan I diraih SMKN 2 Soe dengan nilai 87.21. Juara harapa II SMK Katholik Kefamenanu dengan nilai 85.44 dan juara harapan III dipegang SMKN 3 Kalabahi dengan nilai 85.09.

Sekdis Pendidikan dan Kebudayan NTT, Aloysius Min dalam sambutan penutupan kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada seluruh SMK yang telah menyukseskan kegiatan tersebut dari hari pertama hingga berakhir dengan baik.

Ditambahkan, Gebyar SMK ini dijadikan sebagai pembelajaran untuk meningkatkan ilmu pengetahuan ke depan. “Kita perlu belajar, menemukan diri dari kegiatan ini lalu di sekolah kita dapat meningkatkan pola pembelajaran yang lebih baik lagi, agar mampu mempertanggungjabwakan kualitas pendidikan yang dihasilkan,” katanya.

Aloysius menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pengisi acara, karena sudah sejalan dengan tema Hardiknas 2019, “Menguatkan pendidikan, majukan kebudayaan.”

Kepala SMKN 3, Jheni JP Bhasarie kepada Timor Express menuturkan, hasil yang diperoleh ini sangat luar biasa karena merupakan hasil kerja keras dan kebersamaan dari semua pihak.

“Luar biasa dan sangat puas dengan hasil ini, karena ini diperoleh dari solidaritas dan saling mendukung semua komponen di sekolah kami,” ujar Jheni

Dia pun mengatakan, sekolahnya mempertahankan juara yang sama pada bidang/rumpun non teknologi pada 2018 dan 2019 ini. Rumpun non teknologi termasuk dalam jurusan pariwisata, bisnis, dan manajemen.

Dia latakan, pihaknya tidak terlalu fokus pada seberapa nilai hadiah yang diperoleh. Tetapi yang mau dilihat adalah partisipasi dalam memamerkan hasil karya para siswa selama pembelajaran, serta merupakan ajang promosi kepada masyarakat untuk mengenal SMK, khususnya SMKN 3 Kupang.

Beberapa kriteria penilaian yang dilakukan panitia, antara lain jumlah pengunjung stand, omset dari produk, penataan stand, serta pojok literasi.

Sebagai pimpinan di SMKN 3 Kupang, dia berharap bisa mempertahankan gelar juara tersebut melalui persiapan dan kerja sama tim yang baik.
“Kami pasti akan bekerja lebih keras lagi pada tahun dapan untuk terus mempertahankan gelar juara,” tandasnya.
Para peserta yang berhasil keluar sebagai juara mendapat hadiah berupa uang tunai dari bank NTT, piala dan bingkisan.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!