Yonif Raider Gagalkan Penyelundupan Ranmor – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Yonif Raider Gagalkan Penyelundupan Ranmor

GAGALKAN PENYELUNDUPAN. Sejumlah anggota Yonif Raider 408/Sbh menggagalkan penyelundupan satu unit sepeda motor Yamaha Vixon di wilayah perbatasan RI-RDTL, Kamis (25/4) lalu.

IST

ATAMBUA TIMEX – Patroli pengamanan perbatasan personel Satgas Pamtas Sektor Timur RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh berhasil menggagalkan penyelundupan satu unit sepeda motor Yamaha Vixon ke Timor Leste di wilayah pos Pamtas Fatubesi, Kamis (25/4) lalu.

“Benar bahwa anggota kami yang berada di pos Fatubesi berhasil menggagalkan upaya penyelundupan satu unit sepeda motor Yamaha Vixion yang diduga akan diselundupkan ke RDTL,” ungkap Komandan Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif Raider 408/Sbh, Mayor Inf Joni Eko Prasetyo melalui Dankipur III, Lettu Inf Cipta Redi Valian, Rabu (8/5).

Dijelaskan, kejadian tersebut berawal saat pihaknya mendapat telepon dari salah seorang warga, kepada Danpos Fatubesi, Serka Ruslan yang memberitahukan adanya orang yang melintas di depan rumahnya menggunakan sepeda motor dengan gerak gerik mencurigakan mengarah ke sungai batas antara RI-RDTL.

Atas informasi tersebut, Danpos Fatubesi, Serka Ruslan beserta enam orang anggota melaksanakan pengejaran dan penyisiran jejak sepeda motor ke TKP.

“Setelah melaksanakan penyisiran selama kurang lebih satu jam, jejak motor tersebut hilang ditengah sungai, sehingga Danposnya memerintahkan anggota untuk menyebar melaksanakan pencarian di sekitar sungai. Ternyata, barang buktinya disembunyikan di semak-semak dengan cara menutup barang bukti dengan daun-daunan. Setelah itu barang buktinya dibawa dan diamankan,” jelas Cipta.

Menurutnya, sesuai informasi masyarakat, barang bukti penyelundupan tersebut merupakan hasil curian. Karena itu, pihaknya akan terus membangun komunikasi dengan masyarakat guna memperoleh informasi berkaitan dengan aksi penyelundupan ke Timor Leste.

“Setelah kami cari tahu, ternyata barang bukti tersebut adalah milik salah seorang anggota Polsek Tasbar yang dicuri di sekitar Polsek Tasbar,” terangnya.

Khusus masalah penyelundupan barang ke Timor Leste, Cipta mengaku, sejak awal masa tugas di wilayah perbatasan Sektor Timur RI-RDTL sudah mendapat perhatian serius Dansatgas Pamtas Mayor Inf Joni Eko Prasetyo.

“Komandan sudah tegaskan kepada kami semua yang bertugas di pos perbatasan agar selalu berusaha minimalisir penyelundupan barang ke negara tetangga dengan cara selalu bangun komunikasi harmonis dengan masyarakat, sehingga bisa mendapat informasi mengenai penyelundupan ke negara sebelah,” ujar Cipta. (ogi/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!